SOSIAL POLITIK

Kunjungi Diskominfo, KPU Garut Minta Dibantu Sosialisasi Pilkada 2018

Kunjungan Komisioner KPU Garut ke Kantor Diskominfo Kabupaten Garut sosialisasikan Pilkada 2018, foto yans

Gapura Garut ,- Komisi Pemilihaan Umum (KPU) Kabupaten Garut menargetkan tingkat partispasi warga pemilih dalam pilkada 2018 nanti sebesar 80 %. Target itu mesti ditunjang dengan sosialisasi yang gencar.

Ketua KPU Kabupaten Garut, Hilawan fanaqi, menyampaikan hal tersebut saat melakukan kunjungan  di Ruang Media Center Dinas Kominfo Kabupaten Garut, Rabu (18/1/2017).

Hilwan didampingi  komisioner dari Divisi Hukum Reza Alwan Sovnidar, bersama empat orang staf dari Sekretariat KPU, diterima langsung Kepala Dinas Kominfo, Nurdin Yana.

Hilwan menyebutkan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Garut dan 15 daerah lainnya akan bersamaan dengan pemilihan Gubernur Jawa Barat, dimana tahapannya diperkirakan akan dimulai bulan Juni 2018 mendatang.

“Maka dengan pilkada serentak nanti, konsekuensi yang timbul adalah pendanaan bersama antara kabupaten dan Provinsi Jawa Barat,” Kata Hilwan

Hilwan  mengatakan  sejauh ini pihaknya telah terus gencar melakukan  sosialisasi pilkada di beberapa tempat. “Sosialisasi sudah dilakukan, tinggal 15 kecamatan di daerah selatan yang belum terjangkau, mengingat anggaran yang terbatas. Tahun ini, Insya Alloh sisanya akan kami lakukan”, ungkapnya.

Kunjunganya ke Diskominfo diakui Hilwan sebagai bagian dari upayanya melakukan sosialisasi dimana selain Diskominfi pihaknya juga telah mengunjungi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dimana intansi tersebut akan sangat berperan penting.

“Jika diibaratkan Badan Kesbangpol sebagai sponsor utama dalam perhelatan pilkada nanti, sedangkan Diskominfo diibaratkan sebagai penunjang utama. Untuk itu saya berharap Diskominfo dapat membantu KPU yang saat ini masih kekurangan tenaga IT (teknologi informasi). Kedepan diseminasi informasi dapat dilakukan bersama secara masif guna mendongkrak tingkat partisipasi pemilih sebesar 80 %,”Tuturnya.

Sementara itu Reza Alwan Sovnidar selaku Komisioner Bidang Hukum menambahkan sosialisasi yang gencar dilakukan sebagai upaya menekan tingkat kerawawan dalam pilkada nanti yang berujung gugatan seperti dialami pilkada terdahulu dengan 27 gugatan.

Kepala Dinas Kominfo, Nurdin Yana, dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kunjungan KPU di Dinas Kominfo. Ia berjanji akan membantu KPU, sebagai wujud tanggung jawab seperti diamanatkan Undang-Undang Pemilu.***Yanskominfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *