PARIWISATA BUDAYA

Kampung Sampireun Bakal Ajak Warga dan Wisatawan “Ngabedahkeun Balong”

Ini dia danau Kampung Sampireun yang akan “dibedahkeun”, foto istimewa

Gapura Pariwisata ,- Program “Ngabedahkeun Balong” di Kampung Sampireun adalah prosesi pembersihan danau Sampireun degan cara membuang air danau hingga surut dan membersihkan lumpur juga memanen ikannya.

Menurut Eliana Esecutive Asistant Manager Kampung Sampireun Resort & Spa, kegiatan “Ngabedahkeun Balong”, adalah bagian dari upaya melestarikan budaya tradisional sunda yang sangat populer dikalangan warga masyarakat setempat.

“Masyarakat di tatar pasundan sangat mengenal dan biasa melaksanakan kegiatan ngabedahkeun balong sebagai kegiatan rutin tahunan pada kolam atau situ yang ada diwilayah mereka masing-masing,” Kata Eliana saat dikonfirmasi terkair rencana membersihkan danau Sampireun tersebut, Sabtu (1/4/2017).

Eliana menyebutkan danau Sapireun sudah hampir delapan tahun lamanya belum pernah lagi dibersihkan atau dalam istilah sunda di “bedahkeun”, sehingga pihak manajemen memandang perlu melakukan kegiatan itu.

“Selain untuk kepentingan kelestarian danau kegiatan tersebut juga sebagai bentuk komitmen Kampung Sampireun yang sangat konsen terhadap pelestarian seni dan budaya tradisional sunda selama ini,”Tuturnya.

Kampung Sampireun lanjut Eliana akan mengemas kegiatan tersebut sebagai helaran budaya yang disertai ritual adat juga pentas seni serta berbagai pertunjukan buah kreatifitas dari kearifan lokal khusunya warga disekitar kawasan.

“Nanti ada atraksi dan ritual seni budaya terkait kegiatan ngabedahkeun balong ini sehingga cukup menarik untuk berekreasi atau sekaligus terlibat langsug dalam program ini,” Ucapnya.

Berdasarkan kalender yang ditetapkan pihak manajemen Kampung Sampireun, kegiatan Ngabedahkeun Balong tersebut dijadwalkan akan dihelat pada pertengahan bulan Mei 2017 mendatang.***jmb

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *