PERISTIWA

Dampak Kemarau Panjang, Ribuan Warga Ciamis Gelar Solat Istisqo

GAPURAINDONESIA.COM – Ciamis,- Kemarau panjang membuat sumur dan sumber mata air warga mengering. Warha di beberapa kecamatam kini mengalami krisis air bersih. Rabu (18/10/2023) pagi ini, ribuan warga di 27 Kecamatam di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar sholat Istisqo atau memohon hujan secara serentak.

Di alun-alun Ciamis, sedikitnya 7 ribu warga dari berbagai elemen mengikuti sholat Istisqo yang diimami oleh tokoh ulama setempat, KH Bukhari Muslim. Di barisan depan shaf sholat tampak Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya dan Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putera juga turut mengikuti sholat memohon hujan itu.

“Air tidak hanya dibutuhkan oleh manusia saja, namun hewan dan tumbuhan juga memerlukan air, maka kami secara serentak di 27 kecamatan hari ini menggelar sholat Istisqo karena sudah lama kemarau,” ucap Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya kepada awak media.

Herdiat menyebut dari 27 kecamatan, terdapat 11 kecamatan yang kini mengalami krisis air bersih. Sumur warga sudah surut drastis sehingga warga kesulitan memenuhi kebutuhan Mandi, Cuci dan Kakus (MCK).

Meski krisia air bersih, Herdiat mengaku pihaknya selalu rutin mengirim pasokan air bersih menggunakan truk tangki dari air PDAM Tirta Galuh. Herdiat berharap, kemarau panjang ini segera berlalu.

“Semoga Allah mengabulkan permohonan kami agar hujan turun dengan penuh Rahmat dan Berkah dari Allah,” pungkas Herdiat.***Johan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *