PROFIL

Bupati Garut Amati Penguasaan SOP dari Para Kandidat Kalak BPBD

Gapura Garut – Bupati Garut Rudy Gunawan memimpin langsung  konsolidasi internal dengan para calon Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan beberapa pegawai di lingkungan BPBD Kabupaten Garut, di Kantor BPBD setempat, jalan Terusan Pahlawan, Kelurahan Sukagalih, Kecamatan Tarogong Kidul, Rabu (14/4/2021).

Bupati Rudy didampingi Asisten Administrasi Pembangunan, Jajat Darajat, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Didit Fajar Putradi, menerima masukan dari staf BPBD Kabupaten Garut terkait bagaimana koordinasi yang baik antar bidang di BPBD.

Bupati juga menyimak beberapa paparan yang diberikan oleh 3 besar  calon Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut berkaitan denga pertanyaan yang diajukan Bupati Garut. Ketiga Calon Pejabat Tinggi Pratama Kabupaten Garut tersebut masing-masing Natsir Alwi, Rd. Satriabudi dan H. Nurrodhin.

“kriteria dari Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut, di antaranya, harus responsif, mempunyai waktu yang luas serta memiliki komitmen dan kewajiban menyelematkan masyarakat Garut dari bencana.” Kata Rudy menegaskan.

Ia berharap  sosok Kepala Pelaksana BPBD mendatang harus sosok yang luar biasa. “Nanti kita lihat (hasilnya) dalam 1 minggu ini lah. Nanti juga saya mau agak teliti sekarang BPBD itu. tidak boleh keluar dari kandidat yang 3 ini,” kata Rudy.

Rudy menambahkan secara umum, ketiga calon Kepala BPBD saat memaparkan mengenai pentingnya SOP (Standar Operasional Prosedur) yang menjadi dasar dalam pelaksanaan tugas dan langkah-langkah dalam menangani kebencanaan di Kabupaten Garut sudah cukup menguasai.

Natsir Alwi salah satu calon Kalak BPBD memaparkan bahwa tak hanya mengenai SOP (Standard Operating Procedure) dalam proses penanggulangan bencana, juga membutuhkan peta proses bisnis yang melibatkan seluruh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).

“keberadaan tim kaji cepat harus segera terjun langsung ke lokasi bencana sebagai bahan kajian yang akan digunakan dalam penetapan tanggap darurat bencana di Kabupaten Garut.”paparnya.

Usai mendengar dan mengamati pemaparan dari masing-masing kandidat, Bupati Rudy menyempatkan berkeliling mengecek beberapa fasilitas di BPBD Kabupaten Garut termasuk gedung, data center, hewan pelacak korban bencana, bahan logistik dan kendaraan operasional lainnya.***jmb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *