PILKADA SOSIAL POLITIK

Herdiat-Yana Unggul Telak dari Petahan Pilkada Ciamis

Rilis hasil hitung cepat Pilkada Ciamis, foto Dedi

Gapura Ciamis ,- Penantang calon Bupati Ciamis Incumbent H. A. Herdiat Sunarya mantan Sekda Kabupaten Ciamis yang berpasangan dengan Yana D Putra, secara mengejutkan berhasil menumbangkan calon Bupati dan Wakil Bupati incumbent H Iing Syam Arifin- Oih berdasarkan hasil hitung cepat lembaga survei LSI Denny JA, Rabu (27/6/2018) malam.

Herdiat- Yana besutan enam parpol yakni PAN, PKS, Demokrat, PBB, Gerindra, dan Nasdem unggul telah dengan 61,63 persen suara meninggalkan rival tunggalnya Iing-Oih dengan 34,96 persen suara berdasarkan hitung cepat atau quick count tersebut.

Tim LSI Denny JA merilis hasil penghitungan cepat di Hotel Tyara Plaza, Ciamis, Jawa Barat, Rabu malam (26/6/2018), sekitar pukul 19.00 WI menyatakan pasangan nomor urut 1 Herdiat-Yana memperoleh suara 61,14 persen, jauh meninggalkan lawannya petahana nomor urut 2 Iing-Oih 38,86 persen. Suara yang masuk 97,20 persen, margin of error sekitar 1 persen, dan jumlah partisipasi pemilih 74,92 persen.

Hitung LSI Denny JA ini menggunakan multistage random sampling atau mengambil 250 TPS sampel. Secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih dan dipilih secara acak di seluruh kecamatan di Ciamis.

“Quick count kami tidak akan berbeda jauh dengan hasil dari KPU, itu artinya pasangan Herdiat-Yana unggul telak atas pasangan petahana,”kata Peneliti LSI Fadli Fahri Fauzan saat konferensi pers, Rabu (27/6/2018) malam.

Fadlil menyakini melihat hasil survei yang dilakukan beberapa waktu lalu, pasangan Herdiat-Yana unggul 16,6 persen dari pasangan Iing-Oih. Namun kenyataannya, dari hasil hitung cepat selisihnya mencapai 23 persen.

“Angka ini cukup tinggi, dan betul aspirasi masyarakat. Semoga Ciamis bisa lebih maju dan berkembang dengan Bupati baru,”tukasnya.***Dedi Kuswandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *