PILKADA SOSIAL POLITIK

Jurnalis Banjar Patroman Bantu KPU Sosialisasi Pilkada Bersama OKP Moonraker

Gapura Banjar , – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar, mengapresiasi langkah Jurnalis Banjar Patroman (JBP) yang telah merangkul elemen masyarakat untuk bersama mensukseskan Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018 mendatang.

Hal ini diungkapkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar, Rohani, pada acara sosialisasi Pilkada di sekretariat Jurnalis Banjar Patroman di jalan Raya Banjar-Pangandaran, Lingkung Tanjung Sukur, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat.

Menurut Awit (panggilan akrab Rohani), selama menjadi komisioner KPU Banjar batu kali ini ia memiliki kebanggaan atas apa yang dilakukan oleh insan pers di Kota Banjar. Ia
mengemukakan selama ini berbagai cara strategi KPU untuk menyampaikan pendidikan politik pelaksanaan tahapan pilkada semua masyarakat tersentuh.

Salah satunya yakni adanya kebersamaan antara jurnalis dan organisasi kepemudaan untuk bersepakat tidak golput bahkan mengajak masyarakat agar datang ke Tempat Pemilihan Suara (TPS) untuk memberikan hak pilihnya.

“Apresiasi tinggi kami sampaikan untuk JBP yang telah merangkul masyarakat sebagai langkah mengawal proses demokrasi di Banjar,” ujarnya.

Ia menambahkan, keberhasilan pilkada bukan dilihat siapa yang menjadi pemenang atau berapa jumlah pemilih, akan tetapi seberapa besar tingkat partisipasi masyarakat dalam melaksanakan proses demokrasi yaitu dengan memberikan hak suaranya.

“Perlu adanya usaha sadar bersama untuk mencapai demokrasi yang sesungguhnya, dan alhamdulillah selama ini KPU kompak dengan insan pers khususnya JBP,” katanya.

Sementara itu, Penasehat OKP Moonraker DPC Kota Banjar, Deni “Pedro” Irawan mengaku bangga atas keterlibatan organisasinya untuk ikut serta mensosialisasikan Pilkada Serentak 2018. Menurutnya, selama ini organisasinya selalu dipandang urakan tidak baik, namun ia menepis prasangka tersebut dengan mendeklarasikan untuk tidak golput dan siap menjadi pemilih partisipatif menularkan dan mengajak masyarakat untuk datang ke TPS pada hari pelaksanaan Pilkada nanti.

“Kami menjamin seluruh anggota Moonraker tidak golput dan akan menggunakan hak suaranya,” tegasnya.

Sementara, Ketua Jurnalis Banjar Patroman (JBP) Sukirman menjelaskan, peran media massa dalam suksesi pelaksanaan pilkada sangatlah dibutuhkan. Selain sebagai sarana hiburan serta informasi publik, peran utama media massa dalam tahapan pilkada yaitu sebagai sarana pendidikan politik serta kontrol sosial.

“Media massa memiliki peran yang sangat besar untuk mengawal proses kedewasaan berdemokrasi di Indonesia,” singkatnya.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *