SOSIAL POLITIK

Ikuti Kota Bandung, Diskominfo Garut Jalin Kerjasama Aplikasi Smart City

Perjanjian Kerja Sama antara Kepala Diskominfo Kabupaten Garut, Nurdin Yana, dengan Kepala Diskominfo Kota Bandung, Ahyani Raksananagara, bertempat di Balai Kota Bandung, Rabu (1/11/2017). foto dok

Gapura Garut  ,- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut menjalin kerja sama dengan Diskominfo Kota Bandung  dalam Pengembangan dan Implementasi Aplikasi Smart City di Kabupaten Garut.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kepala Diskominfo Kabupaten Garut, Nurdin Yana, dengan Kepala Diskominfo Kota Bandung, Ahyani Raksananagara, bertempat di Balai Kota Bandung, Rabu (1/11/2017).

Jalinan Kerjasama ini merupakan tindak lanjut MoU yang dilakukan Bupati Garut Rudy Gunawan dengan Wali Kota Bandung H. Ridwan Kamil, pada tanggal 20 September lalu, di Garut.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Nurdin Yana, mengatakan kerja sama ini dimaksudkan sebagai sarana transfer berbagai aplikasi smart city  yang dimiliki Pemerintah Kota Bandung yang diharapkan terwujudnya tata kelola pemerintahan yang baik dengan berbasis teknologi informasi yang dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas serta sinkronisasi dalam tata kelola pemerintahan.

“Dalam pengembangannya dan penerapannya nanti akan tersedia daftar atau respositori aplikasi yang dapat di manfaatkan secara Cuma-Cuma oleh Pemerintah Kabupaten Garut. Penetapan aplikasi yang akan diunduh dan diaplikasikan serta dikembangkan, bahkan untuk perencanaan, penyiapan infrastruktur, sarana dan prasarana, termasuk SDM, administrasi serta penganggaran untuk instalasi, pengembangan dan implementasi aplikasi sepenuhnya dilakukan oleh Pihak Pemerintah Kota Bandung dalam hal ini Diskominfo Kota Bandung”, Ujarnya.

Nurdin menambahkan, dalam tahapannya nanti akan dilakukan persiapan implementasi aplikasi Smart City, kemudian instalasi dan pengembangan aplikasi Smart City. Tahapan berikutnya adalah proses transfer of knowledge melalui pelatihan-pelatihan, serta pendampingan operasionalisasi aplikasi Smart City

“Beberapa waktui lalu usai penandatanganan MoU, Pak Ridwan Kamil  menyarankan, Aplikasi yang dinamai Aplikasi Sabilulungan dianggap perlu untuk penguatan birokrasi di Kabupaten Garut. Karena aplikasi Sabilulungan sudah bekerja sama dengan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang terbukti memajukan birokrasi di Kota Bandung.”Tukasnya.***JMB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *