SOSIAL POLITIK

Sumpah Pemuda, Camat Leles Ajak Pemuda Tingkatkan Rasa Persatuan

Berpoto bersama para pemuda dengan Muspika Kecaatan leles, foto dok

Gapura Garut ,- Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017, tingkat Kecamatan Leles berlangsung hikmat bertempat di halaman Koramil Leles, Senin (30/10/2017).

Camat Leles,  Asep Suhendar, dalam kesempatan tersebut menyampaikan sambutan Menteri Pemuda dan Olah Raga dengan tema “Pemuda Indonesia Berani Bersatu”.

Dalam amanatnya, Menpora mengatakan, seorang Muhammad Yamin dari Sawah Lunto, Sumatera Barat, bertemu dengan Johannes Leimena dari Ambon dan juga mengungkapkan, seorang Katjasungkana dari Madura, dapat bertemu dengan Lefran Senduk dari Sulawesi untuk berdiskusi, bertukar pikiran, mematangkan gagasan hingga akhirnya mengikat diri dalam komitmen ke Indonesiaan.

“Padahal jarak antara Sawah Lunto dengan Kota Ambon lebih dari 4.000 kilometer atau setara dengan Kota Jakarta dan Sanghai di China,” ungkap Camat.

Camat menyebut, saat itu sarana transportasi masih menghandalkan laut dan dibutuhkan waktu berminggu-minggu untuk sampai ke kota tujuan. Selain itu, alat komunikasi masih terbatas dan menghandalkan korespondensi melalui Kantor Pos.

Camat menegaskan, Muhammad Yamin beragama Islam dan berbahasa Melayu, sedangkan Johannes Leimena beragama Protestan dan berbahasa Ambon. Tapi perbedaan itu tidak menjadi halangan dan jarak bagi para pemuda untuk bersatu demi cita-cita besar Indonesia yang disebut dengan berani bersatu,

Pada kesempatan itu, Camat mengajak kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan rasa persatuan, sehingga cita-cita pembangunan dapat secepatnya tercapai.**Kus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *