SOSIAL POLITIK

Dinas Lingkungan Kota Banjar Ajak Warga Bersihkan Sampah Sungai

Gapura Kota Banjar , – Warga lingkungan Cikabuyutan Timur RT 04/12, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, pagi tadi bersama petugas Dinas Lingkungan Hidup membersihkan sampah yang menumpuk di sungai Ciroas, Jum’at (29/9/2017). Tumpukan sampah ini akibat kurang sadarnya masyarakat yang membuang sampah ke sungai tersebut.
Apip Supiana (52) tokoh masyarakat setempat mengatakan, bahwa sampah yang menumpuk di sungai Ciroas ini adalah akibat kiriman dari wilayah Lingkung Tanjungsukur, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman Kota Banjar. Sehingga pada musim penghujan ini, air sungai jadi meluap, kotor, dan berbau.

“Memasuki musim penghujan ini sampah di sungai Ciroas jadi menumpuk, sampah ini kiriman dari hulu sungai, sehingga menumpuk dan menghambat laju air,” ujarnya.

Pembersihan dilakukan warga dan petugas Dinas Lingkungan Hidup dengan cara manual, hingga akhirnya saat ini aliran sungai sudah lancar kembali.

“Dengan kondisi curah hujan yang cukup tinggi, lancarnya aliran sungai diharapkan bisa menghindarkan dari terjadinya banjir,” imbuh Apip.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjar, H Yoyo Suharyono mengatakan untuk menjaga kualitas air sungai dan kebersihan di daerah aliran sungai, dirinya berharap kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai.

“Saya berharap kepada warga masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai, hal ini supaya kualitas air sungai menjadi bersih dan bebas dari penyakit,” katanya.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *