SOSIAL POLITIK

Pemkab Garut Gandeng Bank Indonesia dan Unpad Kembangkan Agribisnis Pertanian

Bupati Garut Rudy Gunawan menandatangani nota kesepahaman dengan BI dan Unpad, foto yanshums

Gapura Garut ,- Pemerintah Kabupaten  Garut secara resmi melakukan kerjasama dengan  Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Jawa Barat  dan Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung dalam bidang peningkatan Agribisnis pertanian.

Penandatangan kerjasama tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Garut Rudy Gunawan, Kepala Perwakilan BI  Jawa Barat Juda Agung, dan Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad.

Melalui Nota kesepahaman ketiga lembaga menyepakati   bentuk nyata sinergi antara BI, Pemkab Garut dan civitas akademik Unpad dalam rangka program pengendalian inflasi melalui pengembangan agribisnis pertanian di Kabupaten Garut.

Dalam pernyataanya Bupati Garut Rudy Gunawan menyambut baik adanya nota kesepahaman tersebut, yang dampaknya akan dirasakan petani.

“Melalui teknologi pertanian yang akan dikembangkan oleh Fakultas Pertanian Unpad nantinya akan memberikan nilai tambah,” Kata Rudy kepada wartawan, Senin (10/4/2017).

Salah satu yang akan dikembangkan dan mendapat dukungan penuh melalui nota kesepahaman tersebut adalah  pengembangan klaster beras budi daya padi organik.

“Ada kajian (mapping) kebutuhan pasar, baik pasar domestik maupun ekspor, kemudian pemetaan basis produksi, base-line survey serta pembuatan roadmap pengembangan klater beras,”Ucapnya.

Dalam kesepatan tersebut diserahkan pula handsprayinga alat abantu semprot hama kepada masing-masing Kelompok Tani Simpay Wargi II dan Kelompok Tani Ciawitali sebagai calon penerima manfaat kalster binaan dari BI Perwakilan Jawa Barat.***Yanshums

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *