SOSIAL POLITIK

Hibah Jepang Delapan Unit Armada Damkar Jadi Kado HUT Damkar Ke 98 di Garut

Para Pegawai Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut berpoto bersama Bupati Garut Rudy Gunawan, foto yanshums

Gapura Garut ,- Bupati Garut Rudy Gunawan kembali menegaskan dalam waktu dekat ini Kabupaten Garut segera memiliki armada Pemadam Kebakar sebanyak 8 unit. Kedelapan unit armada Pemadam kebakaran tersebut merupakan hibah dari Pemerintah Jepang.

“Tahap pertama kita akan mendaptkan tiga unit, sisanya menyusul”, Kata Rudy Gunawan, dihadapan para peserta apel gabungan, yang juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-98  Pemadam Kebakaran Tingkat Kabupaten Garut, di Lapang Setda Kabupaten Garut, Senin (6/3/2017).

Menurut Rudy pristiwa kebakaran yang kerap terjadi pada musim kemarau di Kabupaten Garut, mengharuskan Tim Pemadam Kebakaran mengoptimalkan perannya.

“Saya bersyukur unit pemadam kebakaran sekarang statusnya sudah ditingkatkan menjadi dinas, sehingga kedepan permasalahan ini dapat segera terjawab”, ungkapnya.

Rudy menambahkan sembilan dari nawa cita adalah menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, hendaknya menjadi bekal bagi tim Pemadam Kebakaran dalam menjalankan tugasnya.

“Saya kira SOP dengan time response saat terjadi bencana dengan limit waktu maksimal 30 menit setelah ada laporan kejadian kebakaran,  tidak mungkin optimal dilakukan, bila di sisi lain didalamnya tidak kita support, yaitu tingkat kesejahteraan serta dukungan sarana”, Tuturnya.

Rudy juga berjanji  pada tahun anggaran 2018 pemadam Kebaran akan di-support melalui anggaran yang memadai. Sejauh ini lanjut Rudy dirinya sangat respek dengan kondisi pegawai dilingkungan Dinas Pemadam Kebakaran yang sebagian besar masih berstatus TKK (Tenaga Kerja Kontrak) dan TKS (Tenaga Kerja Sukarewan).

“Kita lihat tim pemadam kebakaran ada yang bersatus TKK hingga 10 tahun, padahal bila dilihat dari tugasnya amat berat”,Imbuh Rudy usai menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan bagi 36 pegawai Dinas Pemadam Kebakaran yang berstatus TKK/TKS, serta 87 Pegawai Satpol PP.

Sementara itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Aji Sukarmaji menyebutkan tema Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran tahun ini adalah “Dengan Semangat Kebhikeaan Pemadam Kebakaran Hadir Memberikan Perlindungan dan Rasa Nyaman Kepada Masyarakat”.

Kegiatan HUT Damkar tersebut Kata Aji telah diisi dengan berbagai kegiatan berupa simulasi dan teknik penggunaan alat pemadam kebakaran ringan (APAR) di Gedung Pengadilan Negeri Garut. Selain itu, simulasi juga dilakukan digedung PT Changsin Reksa jaya, serta di kantior PLN Distribusi Jawa Barat.

Selama kegiatan HUT Pemadam Kebakaran, Lanjut Aji Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut telah mengikuti Skill Compettition Dinas Damkar Kabupaten/Kota Se-Indonesia di Cibubur belum lama ini.

“Hasilnya, kita meraih peringkat 10 besar pada ketangkasan survival, 10 besar kegiatan Leader Pitching, dan Peringkat 5 besar kegiatan Hase Laying,”Tandasnya.***Yanshums

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *