SOSIAL POLITIK

Meriahkan HUT RI Ke 70, Warga Sumedang “Ngagogo Lauk”

IMG-20150819-00261

Gapura Sumedang ,- Ratusan warga Dusun Conggeang, Desa Conggeang Wetan, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, menggelar acara “ngagogo lauk” (bedah kolam ikan), Rabu (19/8/2015) sore. Acara tersebut dalam rangka menyambut HUT RI yang ke 70.

Tradisi “Ngagogo Lauk” merupakan tradisi masyarakat Priangan Timur khususnya warga Sumedang. Warga tampak senang dan berbondong-bondong mengikuti menangkap ikan dengan cara menceburkan diri kedalam kolam dan menggunakan tangan kosong.

“Wah asyik juga, kegiatan seperti ini tidak memandang batas usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa semuanya ikut,”ujar Fitri warga setempat.

Sementara itu Entang Sutansyah selaku Ketua panitia acara sekaligus tokoh masyarakat setempat mengatakan, bahwa tradisi “Ngagogo Lauk” adalah sebagai bentuk rasa syukur dalam menyambut HUT RI yang ke 70. Selain itu, kegiatan ini pun sebagai wujud untuk menjaga kearifan lokal.

“Kegiatan ini sebagai rasa syukur masyarakat dalam menyambut HUT RI ini,”ujarnya.

Entang menambahkan, kegiatan tangkap ikan ini tidak mengenal batas usia, baik anak kecil maupun orang dewasa semuanya menceburkan diri kedalam kolam dan berburu menangkap ikan yang telah ditebar oleh panitia.

“Ikan yang ditebar kedalam kolam sebanyak satu kuintal, diantaranya ikan Kancra, Lele, Mujaer, Gurame, dan tawes,”imbuhnya.

Ia berharap, semoga dengan diadakannya kegiatan seperti ini, masyarakat menjadi “guyub” dan selalu mempererat tali silaturahmi antar warga.

“Semoga dengan kegiatan ini, masyarakat disini selalu kompak dan mengedepankan rasa kekeluargaan,”pungkasnya.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *