SOSIAL POLITIK

BUMDes Di Kabupaten Ciamis Masih Belum Berjalan

Gapura Ciamis ,- Pemerintah Kabupaten Ciamis terus melakukan upaya pembinaan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di setiap desanya dengan menggiatkan terwujudnya Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes).

Sejauh ini kehadiran program untuk menggiatkan program BUMDes tersebut dirasa masih belum berjalan. Padahal untuk melancarkan program tersebut pemerintah sudah melakukan pengaturan melalui UU no 6 taun 2014, bahwa setiap desa diharuskan membentuk badan usaha milik desa yang bertujuan utuk meningkatkan perekonomian di setiap desa.

Namun sampai saat ini program BUMDes di Kabupaten Ciamis masih jauh dari harapan, dari 250 desa yang ada di kabupaten Ciamis hanya sekitar 42 desa yang sudah mau menjalankan program tersebut.

Kurangnya pemahaman khususnya bagi aparat desa dalam menjalankan program BUMDes ini kiranya menjadi salah satu faktor utama yang menjadi kendala terbentuknya BUMDes tersebut.

“Tentu saja kurangnya pemahaman dari para aparat Desa membuat program ini mandek dan tidak bisa dijalankan”. Kata Dian Budiana kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Senin (20/4/2015).

Padahal menurutnya, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakt Desa melalui peningkatan pendapatan asli desa yang bersangkutan.

“Oleh karenanya kami kembali mengadakan kegiatan sosialisasi yang diharapkan semua desa yang ada di kabupaten Ciamis ini bisa menjalankan program tersebut”, Tegasnya.***Dedi Kuswandi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *