SOSIAL POLITIK

Pemkot Tasikmalaya Butuh 12 Miliar Bangun Kembali Pasar Cikurubuk

Kobaran api terlihat sangat besar terus melalap bangunan kios dipasar Cikurubuk, Selasa (17/3/2015) malam foto Hermanto
Kobaran api terlihat sangat besar terus melalap bangunan kios dipasar Cikurubuk, Selasa (17/3/2015) malam foto Hermanto

Gapura Tasikmalaya,- Pemerintah Kota Tasikmalaya membutuhkan dana sekitar 12 Miliar rupiah untuk membangun  kembali kios-kios yang hangus terbakar di Blok A1 Pasar Induk Cikurubuk.

Taksiran tersebut disampaikan Walikota Tasikmalaya Budi Budiman setelah pihaknya melakukan inventarisasi sejumlah kios yang terbakar dimana jumlahnya mecapai ratusan yang hangus dilalap api.

“Hasil dari perhitungan sementara dengan membandingkan anggaran pembangunan lokasi terbakar yang dibangun pada 2010 dengan anggaran sebesar Rp 8.4 miliar. Sekarang kan tahun 2014, harga pasti sudah beda, Dollar tinggi, itu hitungan sementara. Saya sudah memerintahkan dinas cipta karya untuk menghitung secara teknik,” Kata Budi kepada sejumlah wartawan, Kamis (19/3/2015).

Budi menambahkan, anggaran pembangunan kembali pasar tersebut  akan diupayakan sebagian besar dari APBD Provinsi Jawa Barat dan tidak hanya dari APBD Kota Tasikmalaya.

Sementara itu, terkait kerugian akibat kebakaran tersebut, Budi menyebutkan kerugian pedagang yang disebabkan kebakaran yang menghanguskan kios-kios yang berada di Blok A1 Pasar Induk Cikurubuk tersebut ditaksir mencapai Rp 11.4 miliar.

“Data-data yang dihimpun dari Kepala UPTD Pasar Cikurubuk, para pedagang, kerugian ditaksir mencapai Rp 11.4 miliar,” ucapnya.

Pemerintah Kota Tasikmalaya akan segera membangun kios darurat dalam upaya membantu para pedagang agar dapat tetap berjualan.***TG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *