SOSIAL POLITIK

Wabup Garut: Membangun Harus Memperhatikan Alam

Wakil Bupati Garut Helmi Budiman saat melakukan penanaman bibit pohon di Kawasan Bumi Perkemahan Cibeueum, Foto jmb
Wakil Bupati Garut Helmi Budiman saat melakukan penanaman bibit pohon di Kawasan Bumi Perkemahan Cibeueum, Foto jmb

Gapura Garut, Wakil Bupati (Wabup) Garut Helmi Budiman menegaskan untuk terus menjaga kelestarian alam dan lingkungan kita, maka siapapun dan dimanapun yang akan melakukan proyek pembangunan dengan peruntukan apapun seyogyanya senantiasa memperhatikan alam.

“Ini sangat penting untuk terus diingatkan dan sampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat jika akan mendirikan bangunan apapun terutama berada dikawasan yang bersentuhan langsung degan sungai, selokan atau bentukan alam lainnya harus memperhatikan terlebih dahulu kelestariannya”. Kata Helmi disela-sela Kegiatan Repaga Big Day Out di Buper Cibeureum Samarang Garut, Sabtu (15/2/2015).

Menurutnya, sejauh ini banyak pihak yang asal mendirikan bangunan tanpa mengindahkan kelestarian alam. Helmi mencontohkan saat membuat bangunan disempadan sungai atau selokan main asal saja meletakan pondasi tembok tanpa mempertimbankan ruang terlebih daulu.

“Berdasarkan peraturan yang ada seharusnya 12 meter dari sempadan sungai itu tidak boleh ada bangunan agar air memiliki kesempatan mengalir alami serta tumbuhan juga dapat leluasa tumbuh ditepian sungai sehingga tidak mudah tergerus air dan terhindar dari lupan banjir”. Ungkapnya.

Helmi juga menambahkan terkait persoalan-persolan tersebut kita harus tetap optimis dengan melakukan yang terbaik mulai saat ini..***jmb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *