SOSIAL POLITIK

Sosialisasi HIV / AIDS Digelar di Lapas Kota Banjar

Gapura Kota Banjar ,- Ratusan warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas ) Kota Banjar, Jawa Barat secara antusias mengikuti jalannya seminar dan sosialisasi HIV AIDS, Selasa (16/12/2014). Kegiatan tersebut merupakan sejumlah rangkaian kegiatan hari Aids sedunia tahun 2014 yang merupakan  kerjasama antara pihak Lapas  Kota Banjar, Dinas Kesehatan, dan LSM peduli HIV/AIDS Mata Hati.

Kepala bidang pengendalian penyakit dan lingkungan Dinas Kesehatan Kota Banjar, dr Hj Anceu Eka Widianti mengatakan, dinas kesehatan akan terus berupaya melkukan sosialisasi, dikarenakan kegiatan ini memiliki arti penting dalam upaya memutus rantai seks bebas dan jarum suntik bekas narkoba.

Menurutnya sampai saat ini belum ada obat yang mampu menyembuhkan penyakit HIV AIDS. Oleh karena itu, dirinya mengajak memerangi dan menghindari perbuatan hubungan seks bebas atau berganti-ganti pasangan.

“Kegiatan seperti ini adalah sangat penting, dimana setiap masyarakat harus mengetahui tentang bahayanya penyakit HIV AIDS,”ujar Anceu disela-sela kegiatan.

Anceu menambahkan, bagi para penderita AIDS janganlah dijauhi atau pun dikucilkan, lebih baik mereka direhabilitasi dengan melakukan komunikasi yang baik dan benar.

Deni Japra selaku warga binaan mengatakan, dirinya menyambut baik dengan diadakannya seminar seperti ini, menurutnya hal ini dapat memberi pengetahuan kepada masyarakat khususnya kepada mereka warga binaan.

“Kami semua menyambut baik dengan adanya acara ini, sehingga kami tahu bahaya penyakit yang mematikan itu,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kota Banjar, Drs Dadang Sudrajat MSi mengucapkan terima kasih kepada dinas kesehatan dan LSM Mata Hati yang sudah konsisten memerangi Narkoba dan menanggulangi bahaya HIV AIDS. Pihaknya sangat apresiatif atas diselenggarakannya kegiatan ini mengingat warga binaannya sangat minim pengetahuan mengenai HIV/ AIDS

“Dengan digelarnya kegiatan ini, semoga akan menambah pengetahuan dan ilmu kepada mereka,”kata Dadang.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *