PERSIB

Yandi Sofyan, Mahir Berbicara Tiga Bahasa Asing

Yandi Sofyan Pemain Muda Persib Bandung asal Garut
Yandi Sofyan Pemain Muda Persib Bandung asal Garut

Gapura Persib Juara ,- Striker muda PERSIB Yandi Sofyan asal Kabupaten Garut, Jawa Barat makin terus bersinar setelah debutnya bersama Persib dibeberapa pertandingan menjelang musim Liga Indonesia mendatang.

Yandi yang merupakan adik kandung Pesepakbola  nasional Zaenal Arief tersebut, pernah mengenyam ilmu sepak bola di Belgia dan Australia. Kesempatan itu ia manfaatkan dengan belajar bahasa asing agar dapat berkomunikasi dengan pemain yang bermain bersamanya.

Dua bahasa yang dikuasai Yandi yakni Inggris, Spanyol dan Prancis. “Waktu di Australia juga sengaja kursus bahasa Inggris tiga kali dalam seminggu. Waktu di Belgia juga mencoba kursus karena saya pikir tidak hanya saat itu saja, ke depan bahasa akan diperlukannya,” kata Yandi.

Yandi sendiri mengaku sempat menjadi penerjemah Nicolas Vigneri, pemain asal Uruguay yang mengikuti seleksi di PERSIB. Karena keterbatasan berbahasa Inggris, Yandi pun berkomunikasi dengan bahasa Prancis.

Menurutnya Yandi, kecakapan Bahasa Inggris  bukan hal mutlak yang harus dimiliki pemain. Sebab ia menilai bahasa sepakbola itu lebih universal. Maksudnya, pemain yang tidak bisa bahasa Inggris pun tak akan kesulitan saat diberi instruksi pelatih.

“Untuk menjaga agar terus terasah, saya biasanya memperbanyak komunikasi dengan pemain asing seperti kalau dengan Konate menggunakan bahasa Prancis dan Vladimir pakai Bahasa Inggris. Karena di sini saya belum ada niat kursus untuk memperdalam bahasa,” ucapnya. ***dkutif dari Persib.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *