PERISTIWA

Gelar Aksi Peduli Palestina, Ratusan Masa Penuhi Alun-alun Banjar

GAPURAINDONESIA.COM – Banjar ,- Dalam upaya mendukung dan mengekspresikan solidaritas terhadap derita yang sedang di alami masyarakat Palestina, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Banjar menggelar aksi
Solidaritas dan Doa Bersama di alun-alun Kota Banjar, Jawa Barat, Jumat (17/11/2023).

Aksi solidaritas yang dihadiri oleh ratusan warga Kota Banjar yang dengan penuh semangat berkumpul untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap saudara kita demi tercipta nya perdamaian di Palestina.

Alun-alun kota menjadi saksi melihat kekompakan warga Kota Banjar yang memenuhi ruang terbuka tersebut. Mereka membawa spanduk, poster, dan bendera Palestina, sebagai bentuk ekspresi sehingga menciptakan suasana yang penuh semangat dan haru.
Peserta aksi terdiri dari berbagai kalangan masyarakat, mulai dari pejabat Pemkot Banjar, tokoh agama, tokoh masyarakat, ormas Islam, pelajar hingga kalangan masyarakat lainnya yang bersatu demi satu tujuan yakni mendorong kemerdekaan dan perdamaian di Palestina.

Kepala Kemenag Kota Banjar, Hj. Riana Anom Sari mengatakan, aksi solidaritas ini merupakan panggilan kemanusiaan. Ia berharap bahwa langkah-langkah konkrit dapat diambil untuk meringankan penderitaan rakyat Palestina dan mengakhiri konflik yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

“Aksi solidaritas ini bukan hanya sekadar unjuk rasa, melainkan juga bentuk aksi kepedulian atas derita yang sedang menimpa saudara kita sekaligus sebagai partisipasi aktif masyarakat khususnya warga Kota Banjar. Kita lihat ratusan pelajar, ormas Islam, serta sejumlah kalangan berbaur turut serta dalam kegiatan ini. Ini menunjukkan bahwa kepedulian terhadap masalah kemanusiaan dapat bersatu,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu tokoh pemuda Islam Kota Banjar, Milqi “Doang” mengatakan, meski jarak geografis memisahkan Kota Banjar dan Palestina, namun semangat kebangsaan tetap bersatu. Bendera merah putih berkibar di antara bendera Palestina, menciptakan gambaran kebersamaan dan persatuan dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia.

“Aksi solidaritas ini diharapkan dapat menjadi langkah awal menuju solusi yang adil dan berkelanjutan. Masyarakat Kota Banjar berkomitmen untuk terus mendukung upaya perdamaian dan kemanusiaan di Palestina,” katanya.

Sebagai bagian dari aksi solidaritas ini, peserta mengakhiri kegiatan dengan menyuarakan panggilan global untuk perdamaian dan kemerdekaan Palestina. Harapan besar tersemat bahwa dunia internasional dapat bersatu dalam menjalankan peranannya untuk menciptakan perdamaian yang selama ini dinantikan oleh rakyat Palestina dan dunia pada umumnya.

Di sela kegiatan aksi solidaritas untuk Palestina ini juga diisi oleh pembacaan puisi oleh KH. Undang Munawar. Puisi berjudul “Palestina” yang merupakan karyanya sendiri itu, dibacakan dengan penuh pengkhayatan yang sangat dalam, sehingga tak sedikit peserta aksi yang meneteskan air mata.

Selain itu, dalam aksi Solidaritas Untuk Palestina ini juga ada penggalangan dana untuk saudara kita. Hasil dari donasi tersebut terkumpul sebanyak Rp 7.806.000. Nantinya dana yang terkumpul akan disalurkan melalui organisasi Bulan Sabit Merah Indonesia (BSM) dan Komunitas Nasional Peduli Palestina (KNPP). (Joe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *