PERISTIWA

Jabar Soccer Championship Lahirkan Banyak Talenta Sepakbola

GAPURAINDONESIA.COM – Garut , – Festival Sepak Bola Usia Dini, memperebutkan Piala Wakil Bupati Garut 2023 dengan tema Jabar Soccer Championship, sukses menyita perhatian di Lapang Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, pada tanggal 11-12 November 2023. Acara dibuka resmi Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman.

Helmi Budiman, menyampaikan apresiasinya terhadap peserta dari 40 tim yang berasal dari berbagai Kelompok Usia (KU) di Provinsi Jawa Barat, seperti Bandung, Tasik, hingga Garut.

Dalam sambutannya, ia mendorong anak-anak untuk melihat turnamen ini sebagai investasi masa depan, bukan hanya sebagai kegiatan olahraga semata.

“Mau jadi atlet nasional? Mau jadi atlet internasional? Kita mulai dari sekarang, ayo mulai sekarang ya,” ujar Wabup Garut dalam sambutan pembukaannya di Lapang Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Sabtu (11/11/2023).

Meskipun awalnya direncanakan di lokasi yang lebih representatif, perubahan tempat menjadi Lapang Jayaraga tak mengurangi semangat panitia yang berupaya maksimal meski menghadapi kendala keadaan lapangan yang belum sempurna akibat musim kemarau.

“Saya mohon maaf, dan walaupun begitu panitia Alhamdulillah sudah berupaya dengan mendatangkan air, dengan menyemprotkan air,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia juga Mantan Pemain Persib di akhir era 90an, Nyang Nyang Juhana, menuturkan, jika pada prinsipnya festival sepak bola usia dini yang memperebutkan Piala Wakil Bupati Garut 2023 berjalan dengan mulus dan lancar. Ia juga mengumumkan rencana pengembangan kegiatan ke level nasional dengan seri 1 di wilayah Priangan Utara di Cirebon dan Priangan Barat di Depok.

“Mudah-mudahan untuk selanjutnya bisa berlanjut lebih dari ini pelaksanaannya,” tuturnya seusai memberikan medali dan trofi kepada para juara Jabar Soccer Championship, Minggu (12/11/2023).

Ia juga mengatakan bahwa dengan adanya peralihan lapang ini, peminat berkurang hampir 75%, sehingga peserta yang mengikuti kegiatan ini hanya sekitar 25% persen saja dari total peserta yang mendaftar sebanyak 97 tim. Meski demikian, ia bersyukur karena turnamen ini bisa berjalan sukses dan lancar.

“Pada prinsipnya harapan kita sih sama semua, apalagi saya selaku mantan (pemain sepak bola), bisa melahirkan bibit-bibit pemain yang berkualitas (lebih) daripada saya, itu harapan saya, itu aja,” harapnya.

Salah satu pemain dari Pamong Praja sebagai Juara 1 KU 11, M. Rizziq Yasykur, mengaku senang bisa merengkuh juara dalam turnamen kali ini. Selama mengikuti pelatihan di Sekolah Sepak Bola (SSB) Pamong Praja, selalu laithan 3 kali dalam seminggu.

Tak hanya itu, sesuai harapan dari Wabup Garut, ia juga memiliki cita-cita ke depan bisa menjadi salah satu pemain Tim Nasional Indonesia.

“(Cita-cita) ingin menjadi pemain Timnas (Indonesia),” tandasnya.

Berikut daftar juara Jabar Soccer Championship “Piala Wakil Bupati Garut 2023” :

  • KU 9 :
    Juara 1 Bersama – SSB UNI hitam, SSB UNI merah, Bravensia hitam, Mandala Cikajang, Nassa
  • KU 10 :
    Juara 1 – SSB Saint Prima Merah
    Juara 2 – SSB UNI Hitam
    Juara 3 – SSB Pamong Praja Biru & SSB Pamong Praja Merah
  • KU 11 :
    Juara 1 – Pamong Praja Garut
    Juara 2 – Putra Asgar
    Juara 2 – Pamong Praja Biru + Arofa Wijaya Kusuma
  • KU 12 :
    Juara 1 – Pamong Praja Merah
    Juara 2 – PS Joy Academy
    Juara 3 – Unisba FC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *