PERISTIWA

Polres Banjar Turunkan Anggota Jaga Gudang Logistik Pemilu

GAPURAINDONESIA.COM – BANJAR,- Polres Banjar Polda Jabar telah melakukan monitoring terhadap kelayakan gudang yang akan digunakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar untuk menyimpang logistik Pemilu 2024. Hasilnya secara garis besar sudah layak namun ada beberpa atensi yang harus dilakukan KPU agar keamanan logistik kontestasi pesta demokrsi lima tahunan di Kota Banjar berjalan aman.

“Kita (datang) monitoring ini apakah sudah layak gudang ini menjadi tempat penampungan logistik. Kami lihat ini (gudang) memungkinkan menjadi lokasi gudang. Tapi ada beberapa yang menjadi atensi buat KPU,” ujar Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo SH, SIK, MM seusai melihat keadaan Gudang Logistik KPU Kota Banjar di Jalan Siliwangi, Mekarharja, Purwaharja, Kota Banjar, Jawa Barat, Kamis (9/11/2023).

Kapolres Banjar menjabarkan sejumlah atensi yang harus dilakukan oleh KPU mengenai kemananan gudang. Yaitu tentang SOP pengamanan seperti apa, dan penambahan beberapa CCTV di area gudang agar dapat termonitor semua pergerakan orang terpantau. Keamanan ini penting karena logistik salah satu pendukung suksesnya pelaksanaan Pemilu 2024.

“Kami melihat bahwa masih ada beberapa yang harus diperbaiki. Karena kembali lagi bahwa ini hajat hidup masyarakat Indonesia kedepan. Kalau gudang ini terjadi gangguan tentunya akan menjadi penhambat pelaksanaan Pemilu. CCTV sudah ada tetapi ada beberapa yang harus ditambahkan untuk bisa melihat lebih jelas lagi terhadap orang orang yang masuk ke gudang ini,” tutur AKBP Bayu Catur Prabowo.

Tak hanya itu, Kapolres Banjar mengatakan, para petugas yang berada di Gudang Logistik KPU ini harus memiliki kemampuan dalam penggunaan alat pemadam kebakaran, baik apar maupun alat pemadam kebakaran tradisional lainnya. Hal ini menjadi penting karena isi dalam gudang logistik KPU Banjar didominasi bahan yang mudah terbakar.

“Pelatihan anggota yang jaga disini terkiat penggunaan alat pemadam kebakaran. Itu harus dilatihkan karena kita tahu bahwa logistik yang sudah datang ini terbuat dari bahan dari karton. Baik itu bilik kemudian kotak suara, tinta dan segel dan masih menunggu kabel tis untuk pengganti gembok,” tuturnya.

Sementara terkait keterlibatan anggota Polri dalam pengamanam gudang logistik Pemilu 2024, kata Kapolres Banjar, anggota akan secara masif melakukan patroli ke lokasi gudang untuk pendekatan dengan petugas di Gudang Logistik KPU Kota Banjar dan memonitor situasi disini. Itu dilaksanakan 1×24 jam non stop oleh anggota Polsek maupun Polres.

“Pada saatnya nanti seluruh logistik sudah tiba di gudang ini dari Kepolisian juga akan melakukan penjagaan selama 1×24 jam,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *