PERISTIWA UMKM

UMKM Juara Penguatan Pembangunan Ekonomi di Tengah Pandemi

Gapura Garut -Bank Jabar Cabang Kabupaten Garut, Dinas KUKM Kabupaten Garut, Tim UMKM Juara, serta Wakil Bupati melakukan Kick Off UMKM Juara, bertempat di Aula Bank BJB Cabang Garut, Selasa (06/10/2020)

UKMKM Juara kembali dibuka di Kabupaten Garut, kali ini dengan suasana di tengah kondisi pandemi, sehingga para pesertanya pun sangat terbatas dan mengikuti protokol kesehatan.

Hendro selaku Kordinator Daerah Kabupaten Garut untuk program UMKM Juara mengatakan, UMKM juara merupakan salah satu 9 program prioritas di Provinsi Jawa Barat. Dalam suasa pandemi, target dari kurasi UMKM juara ini mengarah kepada 4 hal, yaitu Pembangunan Mindset UMKM agar menjadi game changers, penguatan financial literacy, terkoneksi dengan digital marketing serta upaya pengembangan organisasi dan pasar.

Hendro menambahkan, untuk program UMKM beserta para pelaku UMKM menobatkan Wakil Bupti Garut sebagai Bapak UMKM Kabupaten Garut

Sementara itu, Kepala Bank BJB Cabang Garut, Maman menyambut baik dengan program UMKM juara. Pihaknya siap menjadi mitra UMKM di Kabupaten Garut, dengan harapan adanya UMKM Juara di Kabupaten Garut, menjadi salah satu penguatan pembangun di sektor ekonomi di Kabupaten Garut yang secara nasional hari ini sedang terpuruk.

Selanjutya, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman pun sangat merespon dengan hadirnya UMKM juara, malah dirinya siap diajak untuk melakukan kunjungan ke UMKM-UMKM peserta UMKM juara.

Ia menyebutkan, kick off ini bisa dijadikan momentum di tengah pandemi UMKM masih bisa berjalan. UMKM ini skala kecil yang sangat berisiko usaha yang skala besar dengan melibatkan karyawan yang banyak. “Ini kan industri rumahan paling melibatkan tetangga, melibatkan orang sekitar dan ini merupakan satu peluang di masa pandemi untuk produksi,” ujar Helmi .

UKM, sebut Helmi, sangat terdampak, sehingga kemudian disiasati agar ini menjadi peluang karena tadi skalanya kecil, kemudian pemasarannya dibantu secara digital atau online.

“Pemerintah membantu pembinaan bagaimana ditengah covid ini mereka para UMKM bisa eksis, kita bantu permodalan, kita support. Ada beberapa bank di ataranya Bank BJB dan Bank BRI memberikan bantuan untuk masyarakat,” ucapnya.

Wabup Helmi berpesan kepada para pelaku UMKM agar jangan lupa menjadi pengusaha yang mabrur, selain omset yang bagus, diharapkan selalu mengeluarkan zakat dan bersedekah agar kelak usahanya lebih sukses dan bisa naik kelas.***red/hmsgrt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *