Gapura Garut .- Kabupaten Garut menjadi salah satu Kabupaten bersama 11 Kabupaten/ Kota lainnya di Jawa Barat yang mendapatkan Penghargaan kategori Swasti Saba Wistara dan 6 Kabupaten/ Kota lainnya untuk Swasti Saba Padapa dan wiwerda.

Penghargaan tersebut berdasarkan keputusan Kementerian Kesehatan RI sebagai Kabupaten/Kota Sehat (swasti saba), atas kepedulian, dukungan, keberpihakan pemerintah daerah serta terjalinnya sinergitas diantara seluruh warga dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di daerahnya masing-masing.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Biro Pelayanan Sosial dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat menyerahkan penghargaan kepada 17 Kabupaten/Kota penerima predikat Swasti Saba, sebagai wujud apresiasi atas capaian yang diraih Kabupaten Kota penerima penghargaan tersebut.

Penghargaan diserahkan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Jawa Barat di Gedung PUSDAI Bandung, Selasa (29/9/2020) yang dihadiri seluruh perwakilan Kabupaten Kota penerima penghargaan.

Penghargaan Kabupaten Kota Sehat/Swasti Saba diselenggarakan sejak tahun 2005, mengacu pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005.

Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba sendiri merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri kepada kabupaten dan kota dalam menerapkan tatanan kawasan Kabupaten/ Kota sehat. Setiap dua tahun sekali penilaian penghargaan tersebut dilakukan dengan tiga kategori tingkatan penghargaan mulai dari yang terendah, yaitu padapa, Wiwerda hingga yang tertinggi, Wistara.

Penghargaan yang diberikan berupa piala dan piagam penghargaan, serta dana pembinaan masing-masing sebesar Rp25 juta untuk penerima swasti saba wistara, Rp20 juta untuk penerima swasti saba wiwerda, dan Rp15 juta untuk seluruh penerima swasti saba padapa.

Ke-17 penerima penghargaan tersebut antara lain Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Pangandaran sebagai penerima Swasti Saba Padapa, Kabupaten Cianjur dan Ciamis sebagai penerima Swasti Saba Wiwerda.

Kemudian untuk Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Garut, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Cirebon, dan Kota Banjar sebagai penerima Swasti Saba Wistara.

Menurut Ketua Forum Kabupaten Garut Sehat (FKGS) Hj. Nina Herlina upaya yang selama ini dilakukan seluruh elemen masyarakat untuk membangun Kabupaten Garut  sebagai kota sehat menghasilkan Predikat Swasti Saba Wistara.

“Swasti Saba Wistara merupakan predikat tertinggi untuk sebuah kota sehat menurut Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri. Ini juga menjadi capian tertinggi Kabupaten Garut atas kerja keras semua pihak,”Kata Hj. Nina menanggapi Keberhasilan Kabupaten Garut tersebut saat dimintai tanggapannya, Selasa (29/9/2020)

Hj. Nina menyebut mewakili Kabupaten Garut yang menerima piagam penghargaan tersebut di terima Asisten Daerah I Setda Kabupaten Garut mewakili Bupati Garut yang diberikan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum.

“Alhamdulillah kita patut bersyukur dengan capaian ini, semoga menjadi pemicu semangat kita bersama sebagai warga Garut dalam mempertahankan predikat ini kedepannya,”ungkapnya.

Hj. Nina juga atasnama FKGS menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua komponen warga masyarakat Kabupaten Garut yang telah bersama-sama mensukseskan program Kabuaten Garut sehat.

“Terimakasih untuk semua pemangku kebijakan, sekolah, pendidikan, kesehatan, lingkungan, industri, dan semuanya yang telah membantu untuk menciptakan Garut sebagai kabupaten sehat.”tukasnya.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang