PERISTIWA

Perangi Malaria, Satgas 323 Kostrad Lakukan Fogging

Gapura Papua , – Dalam rangka Hari Malaria Sedunia yang diperingati setiap tanggal 25 April setiap tahunnya, Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad melaksanakan kegiatan Bakti Sosial berupa Fogging, Penyuluhan Kesehatan serta Pembagian Kelambu kepada masyarakat di KM 1, Kampunh Wamena, Distrik Jair Kabupaten Boven Digoel, Papua, Rabu (25/4/2018).

Penyakit yang disebabkan oleh parasit yang ditularkan dari nyamuk Anopheles ini cukup serius, hingga dapat menyebabkan kematian.

Sebagaimana diketahui wilayah Indonesia Timur merupakan salah satu daerah dengan tingkat kejadian malaria tertinggi.

Menurut catatan Departemen Kesehatan Indonesia, jumlah malaria pada tahun 2012 mencapai 417.000 kasus di Indonesia.

Dari jumlah tersebut hampir tiga perempatnya, kasus berasal dari wilayah Indonesia bagian timur, seperti Nusa Tenggara Timur, Papua dan Papua Barat.

Jumlah kasus yang diterima pemerintah di sepanjang tahun 2013, Papua memiliki angka kasus malaria terbesar, yaitu mencapai angka 42,65%.

Didasari hal tersebut, peringatan Hari Malaria se-Dunia merupakan momentum yang tepat bagi Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad yang sedang melaksanakan tugas Pengamanan Perbatasan RI-PNG yang merupakan daerah endemik untuk mencegah dan memberantas penyakit malaria sebagai wujud rasa tanggung jawab terhadap masyarakat perbatasan.

“Dengan kegiatan Bakti Sosial ini besar harapan kami untuk dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat wilayah Asiki dan sekitarnya terutama yang belum tersentuh petugas kesehatan secara intensif” ujar Letda Ckm dr. M.Barkah selaku Dokter Satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad.

Masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini juga mengungkapkan rasa simpatiknya,

“Kami sangat senang dengan adanya kegiatan ini, kami berharap dengan dibagikannya kelambu serta fogging, masyarakat dapat terhindar dari penyakit malaria” ujar Saverius Wenda, salah satu warga Kp. Wamena.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *