Gapura Garut ,- Ribuan warga Garut antusias mengikuti kegiatan pembersihan sampah yang berada di sejumlah ruas jalanan Kabupaten Garut dalam rangka memeringati Hari Jadi Garut yang ke-205 tahun.

Kegiatan pembersihan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Garut Creactive Expo (GCE) yang diselenggarakan oleh Garut Creactive Society (GCS) dalam program Garut Jalan Bersih.

Dani, penanggungjawab kegiatan Garut Jalan Bersih, mengatakan pihaknya memang ingin membuat kegiatan yang sebelumnya tidak pernah dilakukan di Kabupaten Garut.

“Gagasan kegiatan itu sendiri merupakan bagian dari  keprihatinan kondisi lingkungan Garut yang hampir disetiap sudut kotanya banyak tumpukan sampah dan perhatian dari masyarakatnya sangat minim. Berawal dari sana kita selaku anak muda Garut tentunya ingin membuat sebuah gerakan yang positif dalam menyikapi permasalahan sampah di Kabupaten Garut,”Ujarnya.

Dani menyebut maka dharapkan dengan dikemas dalam kegiatan jalan santai proses penyadaran perlunya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dapat dipahami warganya.

“ Jika jalan santai yang biasa hanya melakukan perjalanan biasa saja, kali ini kita akan membagikan plastik sampah untuk sama-sama memungut sampah disepanjang jalan yang dilewati,” ungkapnya.

Permasalahan sampah, dikatakan Dani, masyarakat tidak bisa hanya berpangku tangan dan menunggu gerakan dari pemerintah namun harus dari seluruh elemen, terkhususnya masyarakat. Gerakan Garut Jalan Bersih ini, diharapkannya bisa menjadi titik awal menciptakan kepedulian dari masyarakat Garut akan sampah sehingga kemudian bisa mewujudkan Garut yang bersih.

“Di beberapa kesempatan, pak Dandim 0611 Garut di sejumlah media mengajak agar masyarakat Garut menjaga lingkungan dari kebiasaan buruk, khususnya dalam hal membuang sampah sembarangan. Dan dengan kegiatan Garut Jalan Bersih ini, sedikitnya ada ribuan warga yang akan ikut terlibat dan kita berharap agar proses tersebut bisa menjadi titik awal penyadaran, kita sangat berharap itu,” katanya.

Dani menyebut bahwa kegiatan Garut Jalan Bersih yang akan digelar hari ini saja bersama Garut Creactive Society dalam upaya penyadaran masyarakat, tetapi akan dilaksanakan secara kontinyu dengan bentuk program yang berbeda. “Proses usaha penyadaran masyarakat tentu tidak hanya bisa dilakukan satu atau dua kali saja, tapi harus sering dilakukan secara konsisten, namun format kegiatan yang berbeda sehingga lebih kekinian,” ucapnya.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang