NUSANTARA PERISTIWA

Tidak Berpotensi Tsunami, Gempa Bumi Guncang Selatan Jawa

gambar ilustrasi

Gapura Nusantara ,- Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Moch Riyadi merilis bahwa pada Senin tanggal 24 April 2017 pukul 01.01.10 WIB, sebagian besar wilayah selatan Jawa diguncang gempa bumi tektonik dengan kekuatan M=5,0.

“Pusat gempabumi ini terletak pada koordinat 8,10 lintang selatan dan 117,86 bujur timur, tepatnya di Samudera Hindia pada jarak sekitar 58 kilometer arah Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pada kedalaman hiposenter 63 kilometer (update).”tulisnya

Dalam rilisnya Riyadi juga menyampaikan berdasarkan hasil analisis peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG, dampak gempabumi ini menimbulkan guncangan pada II Skala Intensitas Gempabumi BMKG (SIG-BMKG) atau II-III skala intensitas Modified Mercally Intensity (MMI) di wilayah Tasikmalaya, Sumedang, kemudian dirasakan I SIG-BMKG (II MMI) di wilayah Banjar, Pangandaran, Kabupaten Bandung dan Garut.

“Gempabumi ini tercatat dengan baik oleh peralatan BMKG dan di berbagai daerah tersebut beberapa orang dilaporkan merasakan adanya guncangan gempabumi,”Tuturnya.

Menurutnya Penyebab gempabumi ini adalah aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia dengan laju 61 mm/tahun dan menyebabkan deformasi/patahan batuan di zona Benioff pada kedalaman 63 km.

“Gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi berkedalaman menengah yang tidak membahayakan. Meskipun gempabumi ini memiliki mekanisme sumber dengan pergerakan naik (thrust) dan berpusat di laut, tetapi hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan tidak berpotensi tsunami,”Tulisnya.

Riyadi menambahkan dari hasil monitoring BMKG selama satu jam paska gempabumi belum terjadi gempabumi susulan. “Untuk itu masyarakat pesisir selatan Pulau Jawa dihimbau agar tetap tenang mengingat gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,”Pungkasnya.***TGM

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *