PERISTIWA

Kebakaran Gunung Guntur, Para Pendaki Terjebak Kobaran Api

DSC_0685_0001

Gapura Garut ,- Kebakaran hebat yang melalap habis hutan dikawasan Gunung Guntur Garut, Jawa Barat telah mencapai bagian puncak Gunung yang hampir setiap tahun mengalami kebakaran tersebut.

Sejumlah titik api muncul terus merembet menimbulkan kepulan asap tebal yang terus membunmbung tinggi, Minggu (19/7/2015).

Berdasarkan infrmasi yang berhasil dihimpun dari sejumlah saksi mata, akibat terjadinya kebakaran hebat tersebut diduga sejumlah pendaki gunung yang sedang melakukan Camping terjebat dan sulit untuk menuruni gunung karena besarnya kobara api yang terus merembet.

“Kami telah menghimbau mereka para pendaki gunung untuk segera turun karena khawatir akan terjebak dikebakaran tersebut”. Kata Kapten inf. Sutopo Danramil Tarogong saat dihubungi, Minggu (19/7/2015).

Menurutnya, kebakaran di Blok Curug Citiis di gunung Guntur tersebut  masih menyala hingga Minggu petang.

“Beberapa titik api sudah mulai padam,  tinggal satu titik yang terlihat masih menyala”Ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, puluhan hektar hutan di kawasan Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat kembali hangus dilalap api, Minggu (19/7/2015) Siang sekitar pukul 11.30 WIB.

Belum diketahui penyebab pasti terjadinya kebakaran Gunung tersebut, namun menurut sejumlah saksi mata kebekaran Gunung Guntur kali ini palig hebat karena kobaran api mencapai puncak dan menghanguskan hutan pinus yang ada diblok Citiis hingga merembet ke kawasan hutan disebelahnya.

Kepulan asap tebal terlihat terus membumbung tinggi dari bagian samping hingga merambat ke puncak Gunung. Api tiba-tiba muncul melalap habis kawasan hutan yang terdiri dari tanaman pinus dan beberapa jenis tanaman penghijauan lainnya.

“Mulai terlihat ada kepulan asap tadi sekitar pukul sebelasan, dan terus merembet hingga ke bagian puncaknya”, Kata Adang Suerman, salah seorang warga sekitar, Minggu (19/7/2015).

Menurutnya, kebakaran tersebut terlihat terus merembet mulai dari blok citiis, blok rejeng hingga ke sejumlah blok lain di sekitar kawasan gunung yang terkenal gundul hampir sepanjang waktu itu.

“kalau luasnya hutan yang terbakar masih beum diketahui namun diperkirakan telah mencapai ratusan hektar dan terus merembet kebeberapa bagian lainnya”, Ungkapnya.***jmb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *