PERISTIWA

Ruas Jalan Nasional diwilayah Jabar Rusak, Pemerintah Lamban Memperbaikinya

Jalan amblas , ilustrasi Foto Istimewa
Jalan amblas , ilustrasi Foto Istimewa

Gapura Garut ,- Akibat curah hujan serta sejumlah bencana alam yang menimpa sejumlah wilayah di Jawa Barat, telah mengakibatkan banyak ruas jalan nasional kondisinya kini rusak berat. Ruas jalan yang mengalami kerusakan ini berada di beberapa kabupaten/kota di Jawa Barat.

Unit Pengaduan Masyarakat Komite Peduli Jawa Barat Victor Jhon Rantung menilai, pemerintah lamban dalam menangani kerusakan jalan tersebut. Dari laporan dan pemantauan yang dilakukan pihaknya, rusaknya jalan setidaknya telah terjadi sejak Desember 2014 lalu.

“Sejak wilayah Jawa Barat diguyur hujan deras di Desember tahun lalu, kondisi jalan nasional di berbagai kabupaten/kota mulai banyak yang rusak dan berlubang. Empat bulan berlalu, pemerintah belum juga memperbaikinya,” kata Victor di Garut, Kamis (26/3/2015).

Dia menyebut jalan nasional yang mengalami kerusakan ini diantaranya yaitu poros Cileunyi-Nagreg-Limbangan-Ciamis; Cibadak-Sukabumi-Cikembang-Pelabuhan Ratu; Sukabumi-Cianjur; Sukabumi-Bandung-Padalarang; Cileunyi-Sumedang-Pantura; dan beberapa jalan di kawasan Bandung metropolitan.

“Pemerintah terkesan melakukan pembiaran. Kerusakan di semua poros jalan ini merata. Di beberapa titik ruas jalan, ada lubang. Kami sangat menyayangkan pemerintah, dalam hal ini Balai Penanganan Jalan Nasional Wilayah IV Jawa Barat, Banten, dan DKI, selaku pihak yang bertanggung jawab melakukan pemeliharaan. Sama sekali tidak ada upaya dari mereka,” ujarnya.

Menurutnya, kerusakan jalan sangat berpotensi terhadap tingginya angka kecelakaan. Selain itu, buruknya kondisi jalan juga memengaruhi perekonomian masyarakat.

“Ekonomi masyarakat, khususnya di Jawa Barat, terhambat oleh kerusakan sarana jalan ini. Kami menerima beberapa pengaduan dari masyarakat. Intinya, masyarakat ingin agar pemerintah segera memperbaiki jalan nasional yang rusak ini,” imbuhnya.***Bro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *