PERISTIWA

Tempat Pembuangan Akhir Sampah Kota Banjar Kembali Longsor

Bagian longsoran tanah yang terjadi di tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Kota Banjar, Foto Hermanto
Bagian longsoran tanah yang terjadi di tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Kota Banjar, Foto Hermanto

Gapura Kota Banjar ,- Hujan deras yang mengguyur Kota Banjar Sabtu 20 Desember 2014 kemarin Sore telah mengakibatkan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Dusun Babakan Desa Cibeureum Kecamatan Banjar, Kota Banjar, Jawa barat kembali longsor.

Longsor tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 WIB. Ketika itu hujan deras tengah mengguyur wilayah Kota Banjar. Akibatnya material longsoran sepanjang 100 meter dan ketinggian sampah campur tanah kira-kira 2 sampai 3 meter kembali menimbun jalan penghubung dua desa yaitu desa Cibeureum dan desa Jajawar.

Akibat akses jalan tertutup material sampah dan tanah, warga pun yang hendak keluar masuk wilayah desa, terpaksa harus memutar jalan yang lebih jauh jaraknya.

Kepala Dinas Cipta Karya Tata Kota dan Lingkungan Hidup (DCKTKLH) Kota Banjar, Yoyo Suharyono mengatakan, kembalinya longsor dikawasan TPA Sampah tersebut diakibatkan karena tinggginya curah hujan sementara pekerjaan penataan akibat longsor sebelumnya juga belum selesai, sehingga dipicu hujan deras kembali longsor.

“Saat ini kami akan fokus dulu pada pembukaan akses jalan, agar dapat dilalui oleh warga yang biasa mengunakan jalan tersebut sebagai akses berlalu lintas”, Kata Yoyo saat dihubungi Minggu (21/12/2014).

Dalam kejadian longsor tersebut, meskipun tidak ada korban jiwa, namun warga mengalami kerugian akibat tanaman padi mereka tertimbun kembali oleh longsoran material sampah dan tanah dari TPA tersebut.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *