PERISTIWA

Jalur Provinsi Penghubung Garut dengan Kawasan Selatan Terputus

gambar ilustrasi foto istimewa
gambar ilustrasi foto istimewa

Gapura Garut ,- Setelah diguyur hujan deras yang turun sejak siang hingga petang tadi, jalur penghubung ibu kota Kabupaten Garut menuju kawasan Garut Selatan di Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, tertutup longsoran tanah dari tebing yang berada dipinggir jalan  provinsi tersebut.

Menurut Kepala Dinas Binamarga Kabupaten Garut Eded Komara Nugraha saat dihubungi mengatakan, pihaknya telah melaporkan kejadian tersebut kepada Pemprov Jawa Barat.

“Kami sudah siagakan alat berat yang berada di daerah Munjul, Kecamatan Bayongbong, untuk membantu proses pembersihan di lokasi longsor. Namun kami perlu koordinasi juga dengan pihak provinsi karena status jalannya, jalan provinsi,” kata Eded, Rabu (19/11/2014) malam.

Dari informasi yang diterimanya, material longsoran tebing ini memiliki ketinggian sekitar 1,5 meter dan panjang kurang lebih 35 meter. Dia menyebut longsor terjadi sekitar pukul 19.30 WIB.

“Longsor terjadi akibat hujan deras. Informasinya, material tanah longsor tumpah ke badan jalan sepanjang 35 meter. Saat ini, petugas di lapangan sudah dikirim ke lokasi untuk membantu warga yang mencoba membersihkan material longsoran dengan cara manual sambil menunggu alat berat datang,” jelasnya.

Bencana ini setidaknya membuat akses dari beberapa wilayah Garut Tengah ke sebagian Garut Selatan terputus. Puluhan kendaraan yang terdiri dari sepeda motor dan mobil, tidak dapat melanjutkan perjalanannya.

Meunurut, Ogi(30) seorang pengendara motor yang kebetulan hendak melintasi kawasan tersebut menuturkan telah terjadi kemacetan panjang di jalur Garut-Pameungpeuk tersebut. Akibatnya, dia beserta para pengguna jalan lain sama sekali tidak dapat melanjutkan perjalanannya.

“Saya bersama beberapa pengguna jalan yang hendak berangkat ke pameungpeuk dan cikelet terpaksa terhenti karena badan jalan tertutup seluruhnya”. ungkapnya.***jmb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *