PERISTIWA

Duuuh…Masih Ada Calo BPJS di Garut

Gapura Garut,- Sejumlah pihak menyayangkan masih terjadinya praktek percaloan dalam pembuatan kartu BPJS Kesehatan di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Namun minimnya pengetahuan warga terkait mekanisme proses pembuatan kartu BPJS tersebut, memaksa sebagian warga memilih jalan pintas dengan memakai jasa calo.
“Habis ribet, terus kita kurang paham alur prosesnya jadi ketika ada yang menawarkan membantu membuatkan kita senang-senang aja meski ada biayanya juga”. Kata salah seorang warga yang mengaku asal Cilawu  yang enggan ribet mengurus administrasinya saat mau membuat kartu BPJS.
Sementara itu pengakauan yang sama juga diungkapkan Pendi (48), seorang warga Kampung Keresek, Desa Keresek, Kecamatan Cibatu, Garut, ia terpaksa menggunakan jasa seorang calo saat akan mengurus kartu BPJS, karena harus segera membuat kartu BPJS dan dirinya mengaku tidak memahami prosesnya.
“Saya sudah jauh-jauh datang dari Cibatu ke kantor BPJS Jalan Siliwangi Garut. Namun katanya kuota pendaftar sudah habis dan saya diharuskan kembali ke kantor besok pagi. Akan tetapi, saat saya keluar kantor ada seseorang yang menawari jasa membuat kartu BPJS singkat. Karena kepentingan berobat yang mendesak, saya pun tertarik akan tawaran itu,” tuturnya, Senin (10/11/2014).
Adu tawar harga jasa pengurusan kartu BPJS pun terjadi antara Pendi dengan calo tersebut. Akhirnya mereka sepakat, kartu BPJS bisa segera di tangan jika dia membayar uang senilai Rp175 ribu.
“Setelah harganya disepakati dan saya menyerahkan berkas persayaratan kepadanya, dia langsung bekerja. Dalam waktu kurang lebih sekitar 2 jam, kartu BPJS sudah saya miliki,” ujarnya.
Seorang warga lain asal Kampung Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Bowo (27), menuturkan hal serupa. Ia pernah menggunakan jasa calo dalam pembuatan kartu BPJS di RSUD dr Slamet Garut.
“Dulu saya pernah menggunakan jasa calo saat akan berobat di rumah sakit. Itu juga dia tawari dengan iming-iming prosesnya cepat selesai. Karena saya tidak mengerti dan memang memerlukan, saya setuju,” katanya.
Dari informasi yang dihimpun, penawaran jasa pengurusan kartu BPJS ini rupanya tersebar pada sejumlah tempat di Garut. Beberapa lokasi ini diantaranya adalah tempat foto copy dekat RSUD dr Slamet Garut, rental komputer dekat kantor BPJS Garut, dan tempat cetak foto.
Biasanya para calo memberikan penjelasan terkait sulitnya membuat kartu BPJS. Masyarakat  yang enggan ambil pusing, akhirnya lebih memilih menggunakan jasa calon pembuatan kartu BPJS. Sehingga warga yang tak mau ambil pusing lebih memilih menggunakan jasa mereka.***TG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *