PARIWISATA BUDAYA PERISTIWA

Pemudik Dimohon Berhati-hati, Garut Diguyur Hujan Deras

dikdikhendrajaya
Gapura Garut ,- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Dikdik Hendrajaya  mengimbau agar para pemudik yang akan melintasi sejumlah jalur di wilayah Garut meningkatkan kewaspadaan, menyusul hujan deras yang terus mengguyur kawasan Garut hingga separuh hari tidak kunjung berhenti.

“Ini perlu diwaspadai, intensitas hujan yang tinggi dapat berpengaruh pada kondisi struktur tanah di beberapa wilayah Garut yang terkenal labil, setidaknya ada empat jalur yang rawan longsor saat musim hujan terutama jalur yang menuju kawasan Garut selatan”. kata Dikdik di Garut Sabtu (26/7/2014).

Keempat yang dimaksud adalah jalur  jalur Garut-Cikajang-Pakenjeng-Pamulihan-Cisewu-Talegong, jalur Garut-Cikajang-Pameungpeuk, Jalur Garut-Banjarwangi-Singajaya-Peundeuy, dan Jalur Limbangan-Malangbong. Sebagai antisipasi jika bencana terjadi, BPBD Kabupaten Garut telah menyiagakan relawan BPBD di setiap kecamatan.

“Saya sudah instruksikan kepada setiap relawan dan seluruh pihak di lingkungan masyarakat untuk segera melapor jika bencana terjadi. Cepatnya laporan akan berpengaruh pada tepatnya penanganan yang diberikan,” ujarnya.

Dikdik menambahkan pihaknya  juga telah menyiagakan seluruh petugas BPBD. Dimana jumlahnya mencapai 21 orang, mereka ditugasi untuk piket selama 24 jam penuh.

“Mereka akan stand by untuk koordinasi jika bencana terjadi. Selain personel, kami juga sudah menyiapkan enam kendaraan yang teridiri dari satu unit truk multi fungsi, satu unit kendaraan station, satu unit minibus, dan tiga unit kendaraan bak terbuka, yang siap diterjunkan. Belum lagi kami sudah mendapat dukungan dari Dinas Bina Marga yang akan menurunkan alat beratnya jika bencana terjadi,” Ungkapnya.

Sejauh ini belum terdengar adanya laporan bencana alam terkait dengan intensitas curah hujan yang terus mengguyur kabupaten Garut dalam beberapa hari terakhir ini.***TG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *