PERISTIWA SOSIAL POLITIK

Para Anggota Panwas dan PPL Pilpres Garut Belum Terima Honor

panwaslu

Gapura Garut ,- Sejumlah Petugas Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) pada Pemilihan Presiden 2014 di Garut, Jawa Barat mengeluhkan belum mendapatkan honor, padahal tahapan pilpres yaitu pemungutan suara sudah selesai.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Garut Ipa Saripah mengaku tidak mengetahui kapan pembayaran honor seluruh anggota Panwascam dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL) dibayarkan. Dia menegaskan dirinya bukan pihak yang berwenang dalam mengatur pembayaran honor selama pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) beberapa waktu lalu.

“Kewenangan mengenai pembayaran honor itu bukan pada saya. Jadi saya tidak tahu. Jangankan untuk anggota Panwascam dan PPL, para Komisioner Panwaslu Kabupaten dan saya sendiri saja belum,” kata Ipa saat dihubungi, Kamis (24/7/2014).

Ipa menjelaskan, masalah teknis terkait pembayaran honor menjadi wewenang dan tanggungjawab dari Kepala Kesekretariatan dan Bendahara Panwaslu Kabupaten Garut.

“Silakan tanya sendiri sama pak Kasek (Kepala Kesekretariatan) dan bendahara. Mereka yang berwenang soalnya,” ujarnya.

Namun kemudian, Ipa memaparkan apa yang ia ketahui mengenai pembayaran honor tersebut. Sepengetahuannya, pembayaran honor dilakukan pada setiap satu bulan setelah tugas dilakukan.

Menurutnya hanya tinggal honor Pilpres yang belum dibayarkan kepada para anggota Panwascam dan PPL termasuk kepada para Komisioner Panwaslu Garut.

“Kalau untuk honor Pileg sudah semuanya, tinggal yang Pilpres yang belum. Jadi misalnya honor bulan Juni dibayarkan pada bulan Juli. Honor bulan Juli, dibayarkan bulan Agustus. Sepengetahuan saya begitu”.ungkapnya

Ipa menambahkan pihak kesekretariatan sedang melakukan upaya agar honor segera dapat dibayarkan sebelum hari raya Idul Fitri. Namun sampai saat ini diakuinya  belum ada lagi kabar tentang kepastiannya.

“Mungkin mekanisme dari pusatnya seperti itu. Makanya coba tanyakan masalah ini kepada Kasek dan Bendahara Panwaslu Kabupaten saja,” Pungkasnya.

Belum dibayarkannya honor Panwascam dan PPL ini diketahui setelah, sejumlah anggota Panwascam dan PPL di Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, mengeluhkan jika honor Pilpres yang tak kunjung mereka terima.

Ketua Panwascam Selaawi Ade Farhan SN mengatakan, hingga kini pihak Panwaslu Kabupaten Garut belum memberikan informasi mengenai kapan pembayaran honor mereka dilakukan.***TG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *