PENDIDIKAN

Dandim Garut Galakan Pemahaman Kebangsaan Para Siswa Sekolah

Dandim 0611 Garut saat memberikan materi Kebangsaan bagi para Siswa SMKN 1 Garut, foto Yuyus
Dandim 0611 Garut saat memberikan materi Kebangsaan bagi para Siswa SMKN 1 Garut, foto Yuyus

Gapura Garut ,- Penguatan pemahaman kebangsaan perlu terus digalakan khususnya untuk anak muda, menyusul  konteks kekinian yang semakin banyak ancamannya.  Kompetisi atau persaingan global, hingga proxy war terus mengancam ideologi bagi kalangan generasi muda.

Dandim 0611 Garut, Letkol Arm Setyo Hani, melihat ancaman tersebut mulai bisa mengganggu terhadap budaya, politik, ekonomi, pendidikan dimana saat ini terorisme dan paham-paham radikal masih ada di Indonesia ini.

“Dengan memiliki semangat nasionalisme dan pemahaman tentang kebangsaan, mereka anak muda ini memiliki benteng sehingga tidak terbawa arus negatif yang bisa memecah belah bangsa,” Kata Dandim usai memberi materi Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah (LDKS) di SMKN 1 Garut, Senin (19/12/2016).

Menurutnya apabila ada informasi dimana terdapat potensi bisa mengancam persatuan dan kesatuan, diharapkan pihak bersangkutan harus mencerna informasi tersebut dengan mengkomunikasikan terlebih dahulu melalui pihak yang berkompeten.

Terpisaha Kepala SMKN 1 Garut, H. Dadang Johar Arifin, mengatakan pemahaman terkait kebangsaan, generasi muda termasuk para siswa-siswinya bisa mengimplementasikan wawasan kebangsaan yang luas.

“Seperti anak-anak muncul rasa untuk bergotong royong, pengelolaan lingkungan, tanggung jawab, disiplin dalam berbangsa dan bernegara. Berikut dengan tumbuhnya jiwa patriot di kalangan mereka, dengan pemahaman kebangsaan, mungkin bisa memfilter dari faham-faham radikalisme yang saat ini santer beredar di beberapa daerah,”Tandasnya.***Yuyus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *