PARIWISATA BUDAYA

PHRI Garut Mengusung Gerakan Masyarakat Sadar Wisata

H. Asep Laililhusna Ketua PHRI Garut, foto Dok
H. Asep Laililhusna Ketua PHRI Garut, foto Dok

Gapura Pariwisata ,- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Garut canangkan gerakan masyarakat sadar wisata. Gerakan ini ditujukan sebagai upaya membangun destinasi wisata di Garut untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Membangun destinasi wisata Garut dapat dimulai melalui gerakan membangun masyarakat sadar wisata,” kata Ketua PHRI Kabupaten Garut H. Asep Laililhusna,kepada wartawan baru-baru ini.

Ia menuturkan, kesadaran wisata bukan hanya msyarakat sekitar kawasan objek wisata saja, tetapi harus terwujud secara menyeluruh di Kabupaten Garut. Menurutnya, masyarakat sadar wisata harus ditumbuhkembangkan secara formal oleh pemerintah mulai dari wewujudkan kesadaran kebersihan kota.

“Selanjutnya menghilangkan perilaku pihak tertentu yang mencari keuntungan pribadi dengan melakukan pungutan liar kepada wisatawan. Kenyamanan berwisata akan membuat wisatawan betah sehingga mau berlama-lama tinggal di Garut,” ujarnya.

Ia berharap gerakan mewujudkan masyarakat sadar wisata dapat dilakukan secara bersama-sama antara-PHRI, pemerintah daerah dan kepolisian. Melalui sadar wisata itu, tambah dia, maka lahir masyarakat dan generasi muda Garut yang memiliki semangat, rasa bangga dan memiliki wisata daerahnya.

“Dengan terbentuknya sadar wisata akan membentuk sistem proteksi terhadap perilaku-perilaku yang merusak dan mencoreng potensi daerahnya,” katanya.

Ia menambahkan, Kabupaten Garut memiliki banyak potensi pariwisata yang menarik seperti wisata alam pegunungan, air panas, danau, situs, dan laut.

“Destinasi wisata yang ada di Garut ini harus dibangun citra baiknya. Kita lihat Bali diberikan pencerahan sadar wisatanya yang dipantau lebih formal,” tukasnya.***Bro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *