NUSANTARA

Satgas Raider 323 Kostrad Bercocok Tanam di Wilayah Penugasan

Gapura Nusantara , – Prajurit TNI yang tergabung dalam satgas Yonif Raider 323/BP Kostrad dibawah pimpinan Letnan Kolonel Inf Agust Jovan Latuconsina, M.Si (Han) selaku Dansatgas, selain melaksanakan pengamanan di perbatasan RI – PNG dalam beberapa bulan terakhir di tahun 2018 ini.

Mereka juga melakukan berbagai aktivitas selain tugas pokok pengamanan seperti dengan berkebun dan bercocok tanam berbagai macam jenis sayuran secara rutin di lahan kosong yang berada di sekitar pos perbatasan Yonif Raider 323/BP Kostrad, Rabu (11/4/2018)

Para prajurit TNI ini menanam bibit tanaman dan sayuran diantaranya jagung, terong, kacang, buncis dan sayuran lainnya yang dibawa dari Jawa Barat.

Selain untuk memanfaatkan lahan kosong yang berada di sekitar pos, hal ini bermanfaat juga untuk pemenuhan kebutuhan logistik pos itu sendiri, terutama untuk pos-pos yang jauh dari pasar bila ada keterlambatan pendorongan logistik.

Belajar dari kondisi wilayah sekitar masyarakat yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG belum maksimal dalam memanfaatkan lahan tanah yang ada di sekitar halamannya karena keterbatasan pengetahuan dalam bercocok tanam. Hal ini juga yang mendorong para prajurit TNI yang berada di pos untuk mengajak dan mengajarkan untuk berkebun bersama.

“Tanah yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG, bila kita tanami maka akan tumbuh subur. Memang kendala kondisi cuaca yang tidak menentu terkadang menjadi penghambat pelaksanaan upaya pertanian ini.”kata Dansatgas Agus Jovan

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa, kegiatan bertanam ini selaras dengan kebijakan Presiden RI Joko Widodo di bidang ketahanan pangan agar Indonesia menjadi negara mandiri dalam sektor pangan.

Menurutnya Indonesia merupakan negara yang kaya dan memiliki tanah yang subur. Dengan tanah yang subur tersebut, maka banyak tanaman dan sayuran yang tumbuh subur di Indonesia.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *