NUSANTARA

Gempa Bumi 6,4 SR Guncang Bali dan NTB

gambar ilustrasi

Gapura Nusantara ,- Gempa bumi tektonik berskala 6,4 Skala Richter guncang Bali dan Nusan Tenggara Barar, Rabu ( 22 /3/2017).

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 07:10:27 WITA. Dengan kekuatan M=6.4 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 8.88 LS dan 115.24 BT, pada kedalaman 117 km.

Dampak gempa bumi  berupa guncangan lemah hingga sedang dirasakan di daerah Kuta-Bali, Gianyar, Denpasar, Mataram, dan Sumbawa bagian Barat dalam skala intensitas  II SIG BMKG atau (III-V MMI).

Di daerah ini guncangan gempa bumi dirasakan oleh hampir semua warga.

Ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi, hasil interaksi Lempeng Indo-Australia dan Lempeng Eurasia.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi tersebut masyarakat dihimbau agar tetap tenang dengan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

Khusus masyarakat di daerah pesisir Selatan Timur Bali hingga Barat Lombok dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.***TGM

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *