NUSANTARA

Dompet Dhuafa, Lembaga Zakat Pilihan Masyarakat Menengah

Foto istimewa, dokumen dompetdhuafa.org
Foto istimewa, dokumen dompetdhuafa.org

Gapura Jakarta ,- Dompet Dhuafa sebagai lembaga kemanusiaan terkemuka di Indonesia berhasil meraih penghargaan sebagai Indonesia Middle-Class Brand Champion 2015 dalam kategori lembaga amal zakat, infaq, sodaqoh nasional, yang digelar di Jakarta, Kamis (11/6). Indonesia Middle-Class Brand Champion (IMBC) 2015 merupakan ajang dimana apresiasi diberikan kepada pemegang dan pemilik merek yang mereknya terbaik dan terpercaya di kelas menengah bedasarkan survei “Perilaku Kelas Menengah dan Scorecard Index 2015”.

Ikhwan Alim, selaku panitia acara menjelaskan, ada tiga karakteristik kelas menengah. Pertama adalah knowledge ability, social connection(melek teknologi informasi), dan resource atau daya beli yang berlebih. Tiga karakteristik inilah yang yang menjadi tantangan dalam menggarap segmen kelas menengah.

Ada beberapa jenis segmen pasar, salah satunya adalah kelas menengah. Masyarakat yang termasuk di dalam kelas menengah adalah mereka yang berpengeluaran dua hingga US$ 2-20 sehari (versi Asian Development Bank/ADB). Pengeluaran tidak hanya berupa barang konsumtif atau hiburan tetapi juga dalam bentuk amal.

“Penghargaan ini diberikan pada perusahaan yang mampu menggarap segmen kelas menengah dengan baik. Dalam hal ini Dompet Dhuafa berhasil menciptakan awarness dan hubungan dengan muzaki”, ungkapnya.

Penghargaan yang diraih Dompet Dhuafa berdasarkan hasil survey pada masyarakat kelas menengah pada sembilan kota besar di Indonesia periode Maret hingga April 2015. Beberapa kota besar di antaranya Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Surabaya, Medan, Makasar, Semarang, Palembang, Balikpapan, dan Denpasar. Survei ini pertama kali dilakukan oleh SWA berkolaborasi dengan Inventure pada 2012 dan terus berlangsung hingga tahun ini.

 “Penghargaan ini merupakan masukan untuk kami dalam mengelola kepercayaan dari donatur”,  ucap Salman Alfarisi, Senior Manager Corporate Secretary Communication Dompet Dhuafa. (Erni)***Dikutif dari dompetdhuafa.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *