Gapura Garut – Ditengah meningkatnya pendemi covid-19, produksi UMKM kerupuk jengkol di Kampung Kondang Rt 01 Rw 05 Desa Kerta jaya, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut masih terjaga.

Eksistensi Kerupuk Jengkol ini tidak lepas dari peran serta Ido selaku pemilikhome indsutri kecil menengah yang tetap bersemangat untuk memproduksi dan memasarkan produknya kepada konsumen, selain itu ido berkeinginan senantiasa menjaga kesejahteraan karyawanya.

Usaha yang didirikan tahun 2010 ini menarik perhatian Mahasiswa KKN STIE YASA ANGGANA Garut untuk mewawancarai Ido tentang perkembangan dan system pemasaran Krupuk Jengkol yang diproduksi.

“Usaha ini didirikan pada tahun 2010 di rumah saya sendiri, awalnya hanya satu tungku kecil dan sekarang sudah menggunakan 4 tungku besar dan sudah memiliki 12 karyawan”. Jelas Ido

Salsabila selaku koordinator KKN Kelompok menjelaskan bahwa Mahasiswa KKN STIE YASA ANGGANA ingin belajar serta ingin memberikan pendampingan tentang pembukuan manual dan digital serta pemasaran via market place.

“Kami ingin memberikan pengarahan tentang pembukuan sederhana baik secara manual ataupun digital yang dimana pembukuan beliau masih menggunakan ingatan dan tidak melakukan pembukuan secara tertulis baik pendapatan dan pengeluaran untuk produksi sehingga pemantauan perkembangan usaha belum optimal”. Papar salsa

Berdasarkan hasil survey dan wawancara, Ido dan anaknya menerima saran dan masukan terkait dengan pembukuan khususnya penggunaan pembukuan digital menggunakan aplikasi “Buku Warung”.

berharap dengan adanya pendampingan tersebut pembukuan perusahaan dagang yang dijalani dapat terkontrol dengan baik, sehingga dapat meninjau perkembangan usahanya secara real.

Ido sampaikan apresiasi terhadap mahasiswa KKN, karena dianggap telah membantu dan mendampingi pembukuan dan pemasaran khususnya pengembangan produk (packaging) untuk penambahan nilai jual dan agar terpantaunya pengeluaran dan pendapatan yang awalnya hanya menggunakan ingatan atau di luar kepala.

“Yang ingin memulai bisnis ingat DUIT yaitu Doa,Usaha,Ikhtiar dan Tawakal yang mana semua itu harus dijalani secara ikhlas,sabar,konsisten dan juga ulet.hal terpenting dari semua itu juga harus mempunyai jiwa pengusaha yang tidak mudah putus asa “tong kumeok samemeh dipacok” selalu libatkan yang di atas dalam setiap hal”, pesan ido(02/02/2022).***mim

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang