HUKUM KRIMINAL

Awal Ramadhan, Lapas Banjar dan Kementerian Agama Bangun Sinergi.‬

IMG_20150618_143958

Gapura Kota Banjar, – Hari pertama Bulan Ramadhan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas III Banjar, Jawa Barat, melakukan kegiatan penandatanganan naskah kerja sama dengan Kementerian Agama Kota Banjar, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Banjar di Mesjid Baiturrohman Al Munibi Lapas Kota Banjar, Kamis (18/6/2015).

Penandatangan kerjasama tersebut dalam bidang pembinaan rohani bagi warga binaan pemasyarakatan setempat sebagai bentuk sinergitas antara sesama instansi pemerintah.‬

‪Kepala Lapas Banjar, Ika Yusanti menyatakan, saat ini lapas yang dipimpinnya membina  207 WBP di Lapas Banjar yang mayoritas beragama Islam.

“Mereka masih merupakan saudara-saudara kita, karena berbagai faktor terpaksa  menjalani hukuman di Lapas, “Kata Ika disela-sela penandatangan kerjasama tersebut, Kamis (18/6/2015).

Ika menambahkan, hal ini menjadi tugas kita bersama dalam membimbing mereka untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaannya kepada Tuhan Yang maha Esa, agar tidak lagi melakukan kesalahan yang sama.‬

‪”Kemenag adalah instansi pertama yang saya gandeng dan diprioritaskan dalam pembinaan warga binaan kami, “ungkapnya.‬

Menurut Ika, kerjasama dengan berbagai instansi perlu dilakukan mengingat Lapas Banjar sangat terbatas dallam hal SDM nya. Hal ini dilakukan mengacu pada tata nilai Kementerian Hukum dan HAM, PASTI (Profesional, Akuntabel Sinergi, Transparan dan Inovatif).

“Dalam Sistem Pemasyarakatan pun disebutkan bahwa keberhasilan pembinaan sangat tergantung pada peran 3 unsur yaitu petugas, wbp dan masyarakat, ” tutur Ika.

Oleh karenanya dukungan dan kerjasama masyarakat baik Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun instansi terkait, sangat diharapkan oleh Ika untuk keberhasilan pembinaan WBP di Lapas Banjar.‬

‪H.Dadang Romansyah, selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Banjar, dalam sambutannya pada saat acara penandatanganan naskah kerja sama menyatakan dirinya menyambut baik kerja sama ini.

“Kami siap bersinergi dengan semua instansi pemerintah termasuk Lapas Banjar, ” Kata Dadang.

Lebih lanjut Dadang menyatakan bahwa Kementerian Agama harus berkiprah disetiap lapisan masyarakat.‬ tidak hanya itu, Dadang pun menyatakan bahwa pembinaan terhadap WBP Lapas Banjar juga merupakan tanggung jawab Kemenang.

“Kami berharap kehadiran kami bisa memberikan pemahaman keagamaan kepada warga binaan, sehingga mereka dapat melaksanakan syariat agamanya dengan baik dan benar”, kata Dadang.‬

‪Acara penandatanganan naskah kerjasama ini dirangkai dengan acara pembukaan pesantren Ramadhan warga binaan di Lapas Banjar.

Sementara itu, Wakil Walikota Banjar, Drg Darmaji Prawirasetya, yang hadir menyaksikan penandatanganan naskah kerjasama tersebut sekaligus membuka kegiatan pwsantren Ramadhan, mengapresiasi kerjasama yg dijalin antara Lapas,  Kemenang, MUI dan FKUB ini.

“Ini adalah langkah yang tepat, pembinaan keagamaan adalah hal yang pokok, karena dengan Agama dapat mempertebal kekuatan mental, meningkatkan iman dan takwa agar wbp tidas terjebak pada kesalahan yg sama,” kata Petinggi Banjar yang sebelumnya berprofesi sebagai dokter gigi.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *