HUKUM KRIMINAL

Dua Tersangka Pencuri Dan Penadah Sepeda Motor Berhasil Dibekuk Polisi

Para tersangka Curanmor saat kegiatan ekspos di Mapolres Kota Banjar, Foto Hermanto
Para tersangka Curanmor saat kegiatan ekspos di Mapolres Kota Banjar, Foto Hermanto

Gapura Kota Banjar ,- Seorang penadah sepeda motor curian berinisial Sap (56), berhasil diringkus jajaran Timsus Satreskrim Polresta Banjar. Sap adalah warga Panyingkiran RT 01/02 Desa Panyingkiran, Kecamatan Ciamis ini, diduga menjadi penadah sepeda motor hasil pencurian yang terjadi dibeberapa wilayah seperti, Banjar, Ciamis, dan Cilacap.

Tidak hanya itu, Jajaran Tim Khusus Satreskrim Polres Banjar juga berhasil meringkus dua orang pelaku pencurian sepeda motor yang sering beraksi di wilayah hukum Polres Banjar. Kedua pelaku tersebut adalah AYM (37) Warga Dusun Raksabaya RT 11/3 Desa Raksabaya Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, dan DG (30) Warga Kampung Banyuasih Desa Pamalayan Kecamatan Cikelet Kabupaten Garut.

Selain berhasil menangkap dua pelaku dan satu penadah, polisi juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 13 unit sepeda motor hasil curian dari para tersangka termasuk 2 unit milik pelaku yang digunakan untuk beraksi.

Tim Khusus Satreskrim Polres Banjar berhasil menangkap pelaku di rumahnya masing-masing, yaitu di daerah Dusun Raksabaya RT 11/3 Desa Raksabaya Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis pada Jum’at (13/2/2015) malam sekitar pukul 23.45 WIB.

Penangkapan para pelaku berawal dari laporan salahsatu korban warga Langensari Kota Banjar yang merasa kehilangan sepeda motornya di SMK 3 Banjar saat dipakai anaknya ke sekolah. Berdasarkan laporan tersebut, Timsus jajaran Reskrim Polres Banjar kemudian bergerak melakukan pengejaran terhadap pelaku. Hingga akhirnya kedua pelaku berhasil ditangkap ditangkap dan satu penadah ditangkap di rumahnya di dusun Panyingkiran RT 1/2 Desa Panyingkiran Kecamatan Ciamis. Aksi pencurian tersebut terjadi di tujuh tempat kejadian perkara di wilayah Kota Banjar dan sisanya ditempat lain.

Menurut pengakuan Sap (56), sepeda motor hasil tadahannya itu dibeli dengan harga 2,5 juta rupiah per unit dari si pelaku pencurian, kemudian ia menjualnya 4 juta rupiah khusus motor matic. Dari hasil penjualan motor curian tersebut, Sap mendapat keuntungan 1-1,5 juta rupiah per unit.

“Saya beli motor itu dengan harga 2,5 juta rupiah, dan saya jual 4 juta rupiah,”ujar Sap yang juga seorang pensiunan TNI ini.

Kapolres Kota Banjar AKBP Asep Saepudin mengatakan, bahwa para tersangka merupakan komplotan pencurian sepeda motor spesialis parkir dan motor baru.

“Kami saat ini sudah mengangkap dua pelaku pencurian sepeda motor dan satu orang penadahnya,”Ungkapnya, Selasa (17/2/2015).

Menurut Asep, para tersangka ini berhasil ditangkap melalui penyelidikan dan pengembangan pada pekan lalu.

“Dari tangan tersangka kami dapat menyita 13 unit sepeda motor hasil curian yang didominasi oleh sepeda motor jenis matic,”imbuhnya.

Asep menambahkan jika keberhasilan dalam mengungkap kasus ini, merupakan hasil kerja keras jajaran Satreskrim Polresta Banjar serta berkat adanya bantuan informasi dari masyarakat. Olehkarenanya pihaknya menghimbau kepada masyarakat, agar tidak sembarangan dalam memarkirkan kendaraannya terutama sepda motor.

“Kepada para pemilik kendaraan supaya tidak sembarangan dalam memarkirkan kendaraannya dan sebaiknya pula para pemilik sepeda motor untuk memasang kunci ganda sebagai keamanan untuk kendaraannya saat di parkir,”katanya.

Kini ketiga pelaku mendekam di sel tahanan Polres Banjar untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Mereka dikenakan pasal 362 tentang pencurian dengan ancaman 7 tahun penjara, dan untuk penadah dikenakan pasal 481 dengan ancaman 4 tahun penjara.

Sementara itu Rusmiati (43) salahsatu korban pencurian sepeda motor mengatakan, bahwa ia sangat bersyukur karena motor Honda Vario Teckno jenis matic miliknya kini telah kembali.

“Saya sangat bersyukur, dan tak lupa saya ucapkan banyak terimakasih kepada jajaran kepolisian terutama Polres Banjar yang telah berhasil menangkap para pelaku serta berhasil membawa kembali motor saya,”Ucapnya.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *