GEMSTONE

Batu Garut Hijau Sudah Semakin Sulit Didapat Para Penambang

batu-akik-garut-hijau-botol-640x457

Gapura Gemstone,-  Para kolektor dan pemburu batu akik kini sedang ramai-ramai mendatangi  mendatangi Kabupaten Garut, Jawa Barat untuk mendapatkan bahan atau jenis batu akik khas Garut hijau atau panca warna.

Jenis Batu akik yang didapat oleh pemburu batu di Garut bisa bermacam-macam, salah satunya yang kini sedang jadi primadona adalah batu akik hijau botol atau dengan nama lokalnya batu Garut Ohen. Warnanya yang mirip dengan botol beling berwarna hijau menyebabkan akik tersebut dinamakan demikian, bahkan orang berani membayar dengan harga fantastis untuk batu Garut warna hijau tersebut.

Karena keindahan dan kelangkaannya, akik garut hijau botol saat ini harganya sudah melambung hingga puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Bahkan di lokasi galiannya, di sejumlah desa di Kecamatan Bungbulang dan Caringin, batu itu telah dinyatakan punah dan habis.

Penambang atau pencari batu akik Garut hijau pun tak mudah menjumpai bongkahan batu tersebut. karena lokasi yang terkadang cukup berbahaya, mereka sering harus bertaruh nyawa demi memperoleh keuntungan berlimpah.

“Sekarang memang sudah sangat sulit mendapatkan batu Garut Hijau itu, makanya harganya menjadi sangat mahal dan memang indah serta unik”. Kata H. Maman Soedarman, salah seorang Kolektor dan Pengrajin Batu Garut Pemilik Galeri Batu Garut Al-Hijr.

Menurut Maman, saat ini yang paling banyak dijumpai dikawasan Caringin dan Bungbulang adalah jenis pancawarna, bahkan harganyapun sudah sangat melambung.

“Saat ini mungkin lebih mudah mencari batu Garut jenis pancawarna edong, saya juga lebih banyak mengkoleksi jenis itu, kalau menurut saya jutru keunikan batu pancawarna malah lebih gila lagi keran melahirkan berbagai motof seperti koleksi yang saya punya batu dengan motif sidik jari tangan”. Ungkapnya sambil menunjukan Batu Koleksinya.

Maman juga mengakui masih menyimpan beberapa buah batu Garut jenis hijau botol atau Ohen, namun saat ini lebih banyak dikoleksi pribadi dan jarang dikeluarkan meskipun banyak yang meminangnya.

“Saya masih menyimpang dalam bentuk cincin dan liontin tapi khusus untuk koleksi pribadi aja tidak dikeluarkan, susah lagi mencarinya”. Pungkasnya.***Bro

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *