GAPURANA

Hektaran Sawah di Banjar Juga Terendam Banjir

sawah

Gapura Kota Banjar , – Akibat terus diguyur hujan lebat yang terjadi hampir sepanjang hari, areal pesawahan milik warga di Dusun Cibeunteur, Desa Balokang, Kecamatan Banjar,  Kota Banjar, Jawa Barat terendam banjir, Sabtu (20/12/2014). Banjir yang meredam hektaran sawah ini dipastikan akan mengakibatkan kerugian bagi para petani pemiliknya hingga belasan juta rupiah.

Penyebab banjir di areal persawahan ini diduga  akibat derasnya hujan yang turun terus menerus serta terjadinya penyempitan di saluran pembuangan air dibeberapa titik. akibatnya tanaman padi milik para petani yang baru berumur satu minggu ini terancam mati jika tidak surut dalam waktu dekat ini.

Deni Daus (30) warga dusun Gardu menjelaskan, air mulai menggenangi  persawahan sejak hujan deras selama tiga jam tadi. Menurutnya, areal persawahan di Gardu dan Cibeunteur ini rawan terkena banjir jika sedang hujan lebat.

“Jika hujan deras, pesawahan ini pasti terendam banjir,”ujarnya.

Hal yang sama pun diucapkan Ajum (55) warga Cibeunteur, ia mengatakan akibat banjir ini, para petani pemilik sawah terancam merugi hingga belasan juta rupiah, karena tanaman padi yang baru berumur satu Minggu ini akan terancam mati. “Jika hujan terus mengguyur, khawatir tanaman padi akan mati,”ucapnya.

Warga khawatir, jika hujan lebat kembali mengguyur Kota Banjar, maka air akan naik ke permukiman warga, dan areal sawah yang tergenang banjir semakin meluas. ***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *